Durian kasmin jadi andalan lelang buah unggulan Pasuruan

Pasurunan ( wartaonline.co.id) 4/3

Kabupaten Pasuruan jawa timur , kini di kenal sebagai kota pengahasil buah durian pada setiap musim durian bulan Februari-Maret. Hal ini di jadikan momen oleh pemrintah Kabupaten Pasuruan untuk memberikan semangat kepadaa petani, untuk di lelang di pasar unggulan .
Wartaonline.co.id, jumat (4/3) menelusuri asal mula buah durian yang konon buah durian itu bisa berbuah dan berbobot sekitar 7-8 Kg perbuah.

Buah durian yang ada di wilayah kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan yakni, bernama Kasmin dan Laron . Durian Kasmin ini diambil dari nama pemilik pohon tertua di wilayah Lumbang sekitar 50 KM dari kota Pasuruan. Yang usianya sudah ratusan tahun silam.
Menurut Suradi mantri pertanian kecamatan Lumbang, wilayah Lumbang penghasil buah Durian yang sudah turun temurun. Awalnya dulu hanya durian lokal yang tidak terawat dan terarah sehingga mengahsilkan buah yang asal asalan, Sehingga harganya murah.

Dengan semangat para peyuluh lapang dinas pertanian di wialyah lumbang, masyarakat dilatih untuk melakukan stek dengan sistem Working yaitu menempelkan bibit unggul di dahan (kulit) pohon durian . Dengan sistem Working akan dihasilkan bibit yang unggul tanpa harus menanam pohon baru. Pohon durian itu kurang lebih 3 tahun akan menghasil durian yang mempunyai buah yang unggul sesuai bibit yang di tempelkan.

Mohamad Syaifudin Humas pemerintah Kabupaten Pasuruan , mengatakan “ ya saat ini petani pasuruan sedang panen Durian. Untuk memberikan semangat kepada petani pihak pemerintah mengadakan lelang buah unggulan di sentra Produk unggulan di Bangil “ kata Syaifuddin kepada wartaonline.co.id (4/3).
Lelang durian ini di adakan setiap tahun pada saat musim panen, sehingga para petani durian akan merawat buah duriannya saat berbuah dan menunggu buah durian tidak menjual sebelum saat lelang. (sob/tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »