Telkom Ikut kembangkan UKM melalui Pelatihan IT

Surabaya (wartaonline.co.id) 17/2

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggandeng 15 expert untuk ikut mengembangkan pelaku UKM di jawa Timur. Sasarannya adalah pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang memanfaatkan layanan SOBAT UKM. Untuk menunjang pelatihan itu pihak telkom mendatangkan Para expert berasal dari beragam industri dan telah berhasil dalam perjalanan bisnisnya.

SOBAT UKM atau Solusi Bisnis Sahabat Usaha Kecil Menengah yang diluncurkan Telkom sejak Januari lalu, Untuk memperkuat layanan SOBAT UKM Contact Center 1500249, hingga kini telah berhasil memikat banya pelaku UKM. Terbukti dari trafik yang menghubungi Contact Center 1500249 maupun yang berinteraksi langsung melalui akun @sobat_ukm (twitter dan FB) jumlahnya semakin meningkat.

“Kami menyadari bahwa untuk meningkatkan kompetensi pelaku UKM, sebaiknya dari para pelaku UKM sendiri yang telah sukses dalam menjalankan bisnisnya. Untuk tahap pertama ini, Telkom menggandeng 15 orang expert dari berbagai bidang industri. Kesemuanya sudah mumpuni untuk memberikan konsultasi, mentoring dan coaching kepada para pelaku UKM,” terang Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin usai melakukan video chat dengan pelaku UKM dari kota Cirebon dan Magelang (12/2) dalam rangka kick-off pemanfaatan Video Chat bersama Expert.

Layanan SOBAT UKM ini menyediakan Multi Channel, mulai dari akses nomor khusus 1500249, via website www.sobat-ukm.com yang menyediakan berbagai alternatif chat (webinar, live chat, video call), hingga konsultasi offline. Untuk menjamin layanan tersebut, Telkom menyediakan Dedicated Agent dan Expert yang akan menjawab setiap solusi UKM baik terkait kebutuhan ICT maupun solusi bisnis untuk UKM pada jam kerja (08.00-17.00 wib).
Terkait layanan SOBAT UKM, Awaluddin menambahkan, “SOBAT UKM dilengkapi juga dengan Digital Interactive terkait tips berbisnis, solusi permasalahan bisnis, maupun tutorial seputar UKM. Melalui web www.sobat-ukm.com , para pelaku UKM dapat mengakses berbakai macam artikel seputar bisnis dan UKM.”
“Yang mengisi konten selain terkait teknologi informasi & komunikasi dilakukan langsung oleh para expert yang ada. Para expert berasal dari berbagai sektor industri, mulai fashion, trainer NLP, furniture, agribisnis, kuliner, souvenir boneka dan retailer. Pokoknya lengkap dan mumpuni,” ungkap Awaluddin.
Lebih lanjut, Awaluddin mengisahkan dibalik pembentukan layanan SOBAT UKM didepan para expert yang turut hadir dalam acara tersebut. ”Kami telah melewati berbagai pengalaman dalam mengelola layanan terhadap segmen UKM ini. Lesson learned-nya sangat banyak. Mengelola segmen UKM ini membutuhkan kesabaran. Hal ini dapat dimaklumi mengingat tingkat pemahamam pelaku UKM terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) masih kurang. Dari berbagai pengalaman tersebut, kami meyakini bahwa layanan SOBAT UKM ini sangat pas untuk meningkatkan pengetahuan UKM,” terang Awaluddin.
Dalam kesempatan yang sama, Kordinator Expert, Diah Yusuf yang merupakan penggerak UKM menjelaskan yang dilakukan para expert dalam memajukan UKM Indonesia.
“Kami mengatur jadwal konsultasi masing-masing expert. Kami juga menggunakan Business Model Canvas dalam memberikan konsultasi, mentoring dan coaching kepada pelaku UKM yang menghubungi SOBAT UKM. Intinya kami siap mendukung Telkom dalam memajukan UKM Indonesia,” imbuh Diah Yusuf mewakili para dewan expert.
“Kami siap membantu UKM, silahkan langsung menghubungi SOBAT UKM melalui 1500249 ataupun via akun social media @sobat_ukm. Para pelaku UKM dapat berinteraksi langsung dengan para agen dan expert. Kelak kami juga akan sediakan kelas training untuk semakin memudahkan para pelaku UKM dalam meningkatkan kompetensi bisnisnya,” pungkas Awaluddin yang turut didamping Executive General Manager (EGM) Divisi Business Service Telkom, Yusron Hariyadi menutup perbincangan. (sob/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *