Siswa /Siswi SMK Negeri 1 Bangil Pasuruan diajak Teliti Mangrove

Pasuruan (wartaonline.co.id) 22/2

Untuk memberikan pengetahuan tentang manfaat tumbuhan Mangrove yang tumbuh dipinggir pantai pasuruan jawa timur,siswa/siswi SMK negeri 1 Bangil di ajak ke pusat penelitian mangrove di desa Pulokerto Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Pusat penelitian mangrove ini merupakan salah satu pusat penelitian mangrove dunia yang berada di Indoensia Timur.

Siswa /siswa SMK Negeri 1 Bangil, di dampingi guru pembimbing subari mengajak para siswa/siswinya ke pusat Penelitian mangrove di desa Pulokerto kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan jawa Timur. Meruapakan tempat praktek mahasiwa milik Politehnik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo yang berlokasi di Pasuruan .

Dwi Sukamto kepala Unit penelitian mangrove politehnik Perikanan dan Kelautan sidoarjo, menjelaskan tentang manfaat tumbuhan mangrove , selain untuk menahan air air laut ke daratan, juga untuk tempat budidaya ikan .
Sebelum siswa/siswi SMK Negeri 1 Bangil dia jaka keliling ke lokasi tempat tumbuhnya pohon manrove yang luas sekitar 22 HA, terlebih dahulu mereka di berikan pengarahan dan pengetahuan tentang manfaat dan cara menanam pohon mangrove.
Lokasi tempat penelitian mangrove milik ini luasnya sekitar 22 Ha, selain dtumbuhi pohon mangrove juga untuk budidaya ikan dan pengemukan kepiting (soka) dan ikan lainnya. Pohon mangrove selain tumbuh sebagai penangulangi abrasi juga buahnya sebagai bahan pangan dan minuman yang kandungan gizinya baik bagi kesehatan tubuh manusia.
Subari Guru pembimbing dari SMK Negeri 1 Bangil Pasuruan mengatakan “ tujuan mengajak ke lokasi penelitian tumbuhan mangrove ini adalah untuk memberikan pembelajaran mengenal lingkungan yang tidak merka dapatkan di kelas, sehingga anak-anak nanti akan tahu tentang tumbuhan khususnya mangrove yang saat ini lagi giat dikembangkan untuk mengatasi masalah pemanasan Global “ .
Pusat penelitian mangrove di Desa Pulokerto kecamatan Kraton ini milik politehnik Perikanan dan Kelautan Sidoarjo yang di jadikan tempat praktek mahasiswa taruna perikanan dan kelautan juga tempate penelitian mangrove se dunia di tempatkan di Pasuruan Jawa Timur “ kata Dwi Sukamto Kepala Unit pusat penelitian Mangrove dari Politehnik Perikanan dan kelautan. (sob/dwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »