Siswa Jawa Timur Kelilingi Nusantara

Gresik (wartaonline.co.id) 22/12 –

Untuk mengenalkan siswa pada nusantara  saat liburan ini,  PT Petrokimia Gresik ajak 17 pelajar SMU kelas XI untuk mengenal Nusantara lebih dekat dan menyeluruh.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Kementrian BUMN untuk memperingati HUT RI ke 70 dengan tema ‘BUMN Hadir untuk Negeri’ yang melibatkan seluruh perusahaan milik pemerintah.

Program ini di wilayah jawatimur, tanggung jawabnya diserahkan ke PT Pupuk Indonesia (Persero) dan PT Petrokimia Gresik sebagai anak perusahaan PT Pupuk Indonesia menjadi pelaksana teknis bersama dengan BUMN lainnya, yakni PT Jasa Tirta I.

Direktur utama PT Petrokimia Gresik Hidayat Nyakman mengatakan, tujuan program pelajar mengenal Nusantara ini untuk menanamkan rasa bangga ke para pelajar Indonesia karena bangsanya telah memiliki ke aneka ragaman budaya dan kekayaan alam.

Rasa bangga ini harus ditumbuhkan melalui pemahaman nyata dengan interaksi, pertukaran informasi dan berbagi pengalaman secara langsung di lapangan.

“Jadi ini adalah salah satu bentuk kepedulian Kementerian BUMN dan perusahaan BUMN untuk merangkul masyarakat melalui program-program yang bersifat membangun kapasitas nasional melalui generasi muda,” ujarnya.

Dalam program ini, setiap provinsi mengirimkan 17 pelajar SMU kelas XI yang secara proporsional mewakili setiap kabupaten/kota. Mereka akan berkunjung ke provinsi lainnya untuk mengenal kekayaan alam dan budaya provinsi tujuan selama 2 minggu, mulai 19 Desember 2015 hingga 1 Januari 2016.

Para pelajar didampingi 3 orang dari Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, dan Guru Teladan.

Terkait dengan program tersebut PT Petrokimia Gresik mengirim 17 siswa asal Jawatimur menuju Bengkulu, dan menerima 17 pelajar asal Jambi di Jawatimur. Pelajar yang mengikuti program ini akan diseleksi melalui sejumlah kriteria, di antaranya peserta berasal dari keluarga kurang mampu, memiliki prestasi akademik atau nonakademik, berkepribadian baik dan aktif sebagai pengurus organisasi.

Dalam program ini ada 3 aspek wawasan yang ditekankan, Aspek sosial-budaya, pendidikan, dan entrepreneurship. Karena itu, tempat yang dituju dalam program ini tidak terlepas dari salah satu aspek tersebut.

Untuk cakupan kunjungan terdiri dari 3 wilayah. Untuk pelajar Jawatimur di Bengkulu akan mengunjungi Kota Bengkulu, Kaur, dan Rejang Lebong-Kepahiang-Bengkulu Utara. Sedang pelajar Jambi di Jawatimur akan mengunjungi wilayah Surabaya-Sidoarjo, Gresik-Lamongan, dan Malang-Batu.

Sedangkan lokasi yang dikunjungi oleh pelajar Jawatimur di Bengkulu adalah Rumah Pengasingan Soekarno, rumah kediaman Ibu Fatmawati, Benteng Marlborough, Sekolah Pentagon (sekolah gratis berstandar internasional),wisata pantai, melihat bunga Raflesia, sentra pengelolaan makanan dan tempat penangkaran gajah.

Sementara, pelajar asal Jambi di Jawatimur akan diajak mengunjungi House of Sampoerna, kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Monumen Tugu Pahlawan, Museum 10 November, Kebun Binatang Surabya (KBS), PT Angkasa Pura I, PT Pelindo III, makam Wali Songo (Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri), Wisata Bahari Lamongan (WBL), Jawa Timur Park II, usaha bandeng dan sentra industri songkok.

“Semoga program ini memberikan pengalaman positif bagi para peserta dan dapat meningkatkan rasa bangga dan cinta terhadap Tanah Air,” ujar  Hidayat Nyakman.(ren/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »