Penyuluh Pertanian siap Hadapi Swasembada Pangan

Gresik (wartaonline.co.id) 24/12

Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) wilayah Jawa timur mengelar Seminar Nasional dengan tema, Meningkatkan profesoinal penyuluh pertanian menuju terwujudnya kedaulatan pangan dan menyongsong masyarakat ekonomi asean (MEA) digedung diklat auditorium jupiter PT.Petrokimia Gresik.
Acara ini dihadiri oleh, PNS, swasta, swadaya, ratusan orang penyuluh pertanian dan penyuluh THL TBPP se Jawat imur.

Bambang Hermanto ketua panitia  mengatakan, “untuk meningkatkan kompetensi penyuluh pertanian dalam rangkah pengembangan keprofesian, perlu upaya mewujudkan kedaulatan pangan serta menggali isu-isu strategis dalam bidang penyuluhan pertanian khususnya dalam pengembangan profesionalisme penyuluh pertanianmenghadapi ekonomi asean “katanya

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin komunikasi ilmiah antara penyuluh pertanian, pemerintah, pelaku usaha maupun pelaku utama agribisnis. disamping itu seminar ini untuk menjawab keresahan para penyuluh pertani pasca terbitnya, undang-undang no 23 tahun 2014 tentang otonomi daerah. yang mana hal itu dikhawatirkan bisa menurunkan motivasi kerja para penyuluh pertanian sehingga tidak ada lagi proses pembelajaran bagi petani yang dampaknya akan kesulitan untuk mewujudkan swasembada pangan.

Sementara Perhiptani menyiapkan penyuluh dari 38 Kabupaten/Kota sebanyak 8.250 penyuluh baik yang PNS, swadaya maupun swasta. Sedangkan untuk nilai investasinya setiap penyuluh setidaknya membawahi 2000 binaan dari satu penyuluh petani.

PT.Petrokimia Gresik diprogram seperti ini sangat proaktif karena bisa menjadi mitra dalam hal pemupukan, sekaligus dalam mensukseskan program swasembada pangan nasional dan  PT.Petrokimia Gresik dapat menjalin kemitraan dalam pelaksanaan peningkatan kedaulatan pangan lewat penyediaan pupuk dan teknologi pertani tentunya. pungkas Bambang.(rey’/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »