Taman Kahyangan : Wisata alam baru di Tretes Pasuruan

Pesona pariwisata Kabupaten Pasuruan satu persatu semakin terlihat. Hal tersebut nampak pada keindahan “TAMAN KAHYANGAN” yang terletak di Lingkungan Komcis, Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Taman Wisata ini merupakan titik fokus sebuah pemandangan yang menakjubkan dari kawasan wisata Tretes.

Taman tersebut beberapa waktu yang lalu tepatnya pada tanggal 16 Agustus 2015 telah di Launching Ibu Lulis Irsyad Yusuf bersama dengan pengurus PKK Kabupaten Pasuruan yang semakin hari memang semakin banyak masyarakat yang penasaran terhadap lokasi ini.

Lokasi taman ini dibangun sebuah pagar teralis dari besi dan terdapat dua buah simbol cinta yaitu “WARU”. Disana juga telah dipasang gembok sebagai tanda diresmikannya Taman Kahyangan tersebut. Simbol tersebut digunakan untuk mengingat sejarah yang terdapat di wilayah tersebut pada kisah Air Terjun “PUTUK TRUNO”.

Terjadinya Taman tersebut berawal dari kisah percintaan antara Joko Truno dengan Nyai Coban Wedok. Jok yang baru menikah dengan Nyai tersebut mendapatkan tugas dan harus meninggalkan sang istri. Akan tetapi pada suatu perjalanan Joko mendapatkan musibah ketika turun dari sebuah hutan dan terperosok kedalam jurang dan tidak diketahui nasibnya sampai istrinya mencari dan sampai saat ini air terjun dikawasan tersebut dinamakan Air Terjun “PUTUK TRUNO”.

Ketika kita melihat pemandangan sekitar taman tersebut tampak hamparan keindahan alam Tretes yang sangat luas dan tentunya dengan udara yang sejuk. Memang sebelumnya kawasan ini merupakan kawasan tempat pembuangan sampah secara liar ke jurang oleh masyarakat.
Harapan Pemerintah Kabupaten Pasuruan dengan dibangunnya Taman Kahyangan tersebut agar tidak dilakukan pembuangan sampah di kawasan tersebut karena salah satu aset dan peninggalan berharga yang dimiliki oleh Tretes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »