modal cekak Berani Nyalon walikota Pasuruan

Pasuruan (wartaonline.co.id) 13/11

Pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Pasuruan ini cukup nekat. Bermodalkan uang puluhan juta, keduanya berani mencalonkan diri sebagai pemimpin daerah.

Yus Samsul Hadi Subakir hanya bermodal Rp 46,9 juta. Sedangkan cawalinya yakni Agus Wibowo bermodal lebih sedikit lagi. Modal harta Agus hanya Rp 10,4 juta.

“Ya harus cukup. Cukup nggak cukup ya harus cukup. Kan masih ada rakyat membantu, dalam arti tidak mengharapkan uang, tapi mengharapkan perubahan,” ujar Cawali Pasuruan Yus saat bincang-bincang dengan dengan wartawan di sela acara Pembekalan dan deklarasi calon kepala daerah dan penyelenggara pilkada Jawa Timur di kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Jalan Ketintang, Surabaya, Kamis (12/11/2015).

Cawali dua anak yang sehari-hari bekerja sebagai mandor di proyek pembangunan itu mengatakan, dirinya bergandengan dengan pasangannya Agus Wibowo, karena ingin merubah Kota Pasuruan, ingin memajukan Pasuruan yang memiliki penduduk sekitar 250.000 jiwa yang terbagi dalam 4 kecamatan.

“Kami maju melalui jalur perseorangan. Kami tidak ingin terikat dengan partai dan golongan, tapi kami ingin terikat dengan rakyat hanya oleh rakyat,” terang pria 42 tahun ini.

Dari daftar LHKPN, Yus memiliki harta bergerak berupa logam mulia senilai Rp 2,4 juta. Giro dan setara kas sebesar Rp 50 juta. Dia memiliki tanggungan hutang berupa pinjaman barang senilai Rp 5,5 juta.

Sementara itu, pasangan cawawali Agus Wibowo malah memiliki harta hanya Rp 10.436.000. Mantan Ketua Panwascam Kecamatan Panggung ini malah hanya terdaftar memiliki 1 unit sepeda motor senilai Rp 12 juta.

Sedangkan harta tidak bergerak (tanah dan bangunan), harta bergerak (peternakan, perkebunan, pertanian, kehutanan), surat berharga pada lembaran LHKPN terlihat kosong.

“Saya memang cuma punya 1 sepeda motor. Tempat tinggal saya kontrak. Kalau rumah orang tua ada, tapi itu kan bukan hak saya,” ujar Agus Wibowo.

Agus yang punya usaha kecil-kecilan percetakan ini, mengakui bahwa pencalonannya bersama Yus melalui jalur perseorangan ada yang mennilainya sebagai calon boneka.

“Trik-trik politik itu ada saja. Saya masa bodoh saja. Yang penting maju. Siapa yang bilang bahwa politik itu jujur, nggak ada itu,” tandasnya.

Harta kekayaan Yus Samsul Hadi Subakir dan Agus Wibowo memang tidak ada apa-apanya dibanding dua paslon yang menjadi lawannya. Paslon Setiyono-Raharto Teno Prasetyo mempunyai harta Rp 4,6 miliar dan Rp 9,1 milliar. Sementara paslon Hasani dan Mukhamad Yasin mempunyai harta sebanyak Rp 3,3 miliar dan Rp 701 juta.(@)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »