Guru dan siswa kesempatan magang ke Jerman

Malang (wartaonlinecoid) 5/11

Siswa dan guru SMK di Jawa Timur mulai saat ini bisa belajar dan praktik kerja di Festo, sebuah industri di Jerman, sebab Dinas Pendidikan (Disdik) Jatim telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Festo Asia Pasifik.

Penandatanganan naskah kerja sama itu dilakukan oleh Saiful Rahman Kepala Disdik Jatim dan Volker Schmid Direktur Festo Asia Pasifik saat pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah menengah Kejuruan (SMK) se-Jatim 2015 di Graha Cakrawala, Malang, Senin (2/11/2015).

Safri Susanto Manager Didactic Festo Indonesia mengatakan usai magang di Jerman nantinya guru dan siswa SMK mendapatkan sertifikasi yang bisa dijadikan modal kerja di luar negeri. “Sertifikasi itu berlaku internasional. Kami berupaya agar guru atau siswa SMK bisa menggunakan kesempatan itu dengan baik,” katanya seperti dilansir Antara.

Menurut dia, cara untuk mendapatkan sertifikasi internasional sangat mudah, yakni hanya dengan melakukan koordinasi lewat sekolah, selanjutnya menjelaskan soal kurikulum dan diberi pelatihan. Kalau guru yang magang ke Festo, diharapkan bisa mempraktikkan pembelajarannya pada siswa.

“Kami mementingkan guru dulu yang diberi sertifikasi,” ujarnya.

Sementara itu Saiful Rahman Kepala Disdik Jatim menjelaskan jalinan kerja sama Disdik sudah mencapai taraf internasional. Salah satunya kerja sama dengan perusahaan Jerman, yakni PT Festo. Per 2 November 2015, Disdik Jatim resmi menjalin kerja sama dengan Festo.

Bentuk kerja samanya pun tak main-main. Siswa SMK yang lolos uji kompetensi yang dilakukan PT Festo akan mendapatkan sertifikasi bertaraf internasional, sehingga akan mudah diserap oleh perusahaan-perusahaan asing, terutama perusahaan Jerman yang ada di Indonesia.

Namun, karena itu kurikulum pada jurusan tertentu di SMK, nantinya akan disesuaikan dengan standar internasional.

“Kerja sama ini merupakan salah satu upaya pemerintah provinsi untuk menumbuhkan kepercayaan publik bahwa lulusan SMK pun memiliki daya saing internasional,” katanya.

Menanggapi kerja sama itu, Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jatim menyambut baik dan menjelaskan Festo adalah perusahaan besar yang membantu pertumbuhan SMK khususnya di Jatim. “Adanya sertifikasi itu akan memudahkan anak didik dan guru SMK yang bisa otomatis diterima dan diserap di perusahaan asing,” ujarnya.

Festo adalah perusahaan industri komponen berbasis di Jerman. Festo sering membuat peralatan untuk teknologi, seperti tekstil packaging, perakitan kendaraan bermotor, dan beberapa alat elektronik. (ant/iss/ipg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »