Warga Gresik Demo Polusi PT. Gresik Jasa Tama

Gresik (wartaonline.co.id) 8/9

sekitar 100 orang warga Kelurahan Kemuteran Gresik mengelar aksi unjukrasa ke PT. Gresik Jasatama,dengan melakukan blokade di pintu masuk ke Pabrik Batubara itu.
Aksi yang dipicu oleh polusi yang ditimbulkan PT. Gresik Jasatama telah mengakibatkan rumah para warga dipenuhi dengan debu berwarna hitam pekat baik atap rumah maupun di teras rumah, sehingga setiap hari warga selalu membersihkan rumah teras rumahnya karena dipenuhi debu tebal berwarna hitam yang mirip pasir.
Arif warga Kemuteran mengatakan, Polusi yang ditimbulkan PT.Gresik Jasatama tidak sekedar mengotori rumah, jemuran pakaian warga namun juga telah mengakibatkan warga terserang berbagai macam penyakit seperti, Sesak nafas dan Inspeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).
” Perusahaan sudah berkali-kali berjanji namun mengkhianati janjinya, terakir saat ramadan atau pada bulan juli 2015 kemarin. Perusahaan berjanji yang dituangkan dalam surat kesepakatan bersama, yang disaksikan oleh Lurah Kemuteran, Camat Gresik dan Kapolsek Gresik. untuk memberikan konpensasi terhadap warga yang terkena dampak polusi dari pabrik batubara itu, tapi kenyataannya kesepakatan yang telah mereka buat sendiri dengan warga selalu saja pihak perusahaan berkelit ketika warga menagih janjinya. ujar Arif.
Selain blokade pintu gerbang pabrik warga juga menghentikan paksa truk milik PT. Gresik Jasatama yang beroprasi sehingga sejumlah truk tidak bisa beroprasi. bahkan warga mengancam akan membakar truk jika berani mengoprasionalkan kembali truknya sebelum Perusahaan mau memenuhi janjinya ke warga Kemuteran.
Aksi yang juga di ikuti oleh kaum perempuan ini mendapatkan pengawalan ketat dari aparat Kepolisian Polsek Kota Gresik.(ren/sob.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »