Data Pemilih warga Gresik masih belum beres

Gresik (wartaonline.co.id)3/9

Meski masih menyisakan persoalan besar, Rapat Pleno terbuka Rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran data pemilih dalam Pemilihan Bupati dan wakil bupati Gresik 2015 sudah dilakukan oleh KPUD Gresik.

Tidak validnya data pemilih akibat kemalasan petugas Panitia Pencatat Daftar Pemilih (PPDP) di beberapa desa dan kelurahan yang berakibat pada pengulangan tahapan serta kurang telitinya Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam melakukan rekapitulasi menyebabkan data pemilih amburadul dan kurang bisa dipertanggung jawabkan.

Ketua Panwaslih Kab Gresik, M Faizin saat mengikuti rapat Pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) memberikan penekanan pada KPUD Gresik dengan membawa bukti – bukti yang dikumpulkan dari Panwascam se Kabupaten Gresik.

Faizin, menyoroti adanya perubahan data pemilih yang ada di PPS dengan data yang diplenokan di PPK, seperti di kecamatan Menganti.

“Paswaslih mencatat total ada 7 desa yang tidak sama jumlah pemilihnya hal ini di karenakan daftar pemilih yang sudah di rekapitulasi oleh pps di unggah ke sistem data pemilih mengakibatkan Jumlah pemilih berkurang atau bertambah.” tegas Faizin.

Jumlah total pemilih se kecamatan Menganti berdasarkan hasil rekapitulasi PPS adalah 84628 bertambah 299 orang, menjadi 84927′ ketika di unggah ke Sistem data pemilih dan di tetapkan sebagai DPS di tingkat PPS.

Ia menambahkan, Kalau seperti ini adalah pembiaran kesalahan yang akan berakibat sangat fatal,”

Sebelumnya Panwas juga melalukan rekomendasi ke PPS di Kelurahan Lumpur dan Sidorukun serta TPS 7 di desa Petikan, Kecamatan Driyorejo agar memerintahkan petugas PPDP melakukan pendataan ulang (Coklit).

Sementara menanggapi masih amburadulnya data pemlih, yang di kemukakan Panwalih, Ketua KPUD Gresik, Ahmad Roni menjelaskan, Pemilih yang belum tetdaftar masih punya ruang banyak dalam mengikuti Pilkada.

“ Tahapan sekarang ini masih tahapan mau di masukkan Daftar Pemilih Sementara, jadi masih ada ruang yang bisa digunakan untuk memasukkan pemilih yang belum terdaftar,”

Roni, mengakui memang ada beberapa Petugas PPDP yang tidak bekerja sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan oleh KPU.

Sementara dari 356 desa di Kabupaten Gresik ada 2193 TPS, sedangkan jumlah daftar pemilih sementara (DPS) yang ditetapkan KPUD Gresik saat ini yakni,Laki-laki 462159 pemilih danPerempuan 465135 pemilih sehingga total jumlah pemilih sebanyak 927294 orang.(ren/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »