Anggota DPRD Kabupaten Gresik Sidak sekolah Pungli

Gresik (wartaonline.co.id) 4/9

Maraknya pungutan liar (pungli) di sekolah negri di tingkat SD maupun SMP di Gresik, membuat Komisi D DPRD Gresik melakukan inspeksi mendadak (sidak) salah satunya ke SMPN 2 Kebomas Gresik.

Mujib Ridwan, Sekretaris Komisi D DPRD Gresik mengatakan, pihaknya telah melakukan sidak tanpa pemberitahuan ke sekolah sebelumnya untuk menunjukkan bukti fungsi pengawasannya terhadap dunia pendidikan.

“Kami bisa datang sewaktu-waktu untuk melakukan sidak seperti ini, dengan adanya pengaduan masyarakat terkait besarnya biaya yang dibebankan ke siswa baru dalam hal daftar ulang maupun lainnya.” demikian dikatakan Mujib kepada pihak sekolah.

Komisi D DPRD Gresik dalam kesempatan tersebut, meminta pihak sekolah untuk memaparkan proses pendaftaran siswa baru hingga daftar ulang beserta rincian biaya yang dibebankan terhadap siswa yang diketahui sebesar 1.628.000. persiswa.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMPN Kebomas yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, adanya biaya tersebut karena atas permintaan para wali murid. Dia juga memberikan data dan price list rincian barang yang harus dibeli siswa.

“Dalam penerimaan siswa, kita hanya menyodorkan form pendaftaran, namun wali murid menitipkan biaya sedemikian itu agar tidak sulit membeli kebutuhan para siawa,” ujarnya.

Dari hasil sidak Komisi D DPRD Gresik menemukan adanya keganjilan dari keterangan yang disampaikan oleh pihak sekolah. Karenanya, Komisi D berjanji akan melakukan rapat dengar pendapat dengan pihak sekolah.(ren/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »