1500 Pelari Maraton akan Ramaikan Gunung Bromo

Pasuruan (wartaonline.co.id) 12/9

Sebanyak 1500 runners atau pelari dari 30 negara di dunia akan mengikuti lomba lari Bromo Marathon ke-3 yang akan diselenggarakan pada tanggal 13 September 2015 mendatang.
Kegiatan Bromo Marathon tersebut merupakan kompetisi lari yang luar biasa, mengingat para pesertanya bukan hanya datang dari Indonesia melainkan dari berbagai belahan bumi lainnya, seperti Amerika, Australia, Afrika dan Eropa.

“Ada dari Kenya, Swiss, Kanada, Jepang dan Negara-negara lainnya. Yang jelas, tahun ini akan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf saat ditemui wartabromo.

Menurutnya, selain diikuti oleh peserta dari banyak Negara, Bromo Marathon ke – 3 kali ini akan menyajikan banyak lokasi wisata baru yang eksotis seperti Bukit Kingkong, Bukit Cinta, Penanjakan, hingga budaya masyarakat asli Tengger, yakni Kasodo.

“Kami memberikan anggaran khusus untuk perbaikan Pendopo Wonokitri sampai perbaikan sarana prasarana yang ada di sekitar Tosari. Untuk event Pasuruan Bromo Marathon ini, Pemkab Pasuruan juga akan memberikan welcome event yang akan dilaksanakan menjelang Pasuruan Bromo Marathon itu sendiri,” jelasnya.

Welcome event atau yang dikenal dengan istilah pembuka acara akan digelar pada H-2 dan H-1 pelaksanaan. Untuk tanggal 11 September akan diisi dengan Pawai budaya, sedangkan pada 12 September adalah pameran produk lokal dan Band Performance khusus lagu-lagu western style.

“Kami juga menyiapkan hotel, home stay dan rumah-rumah warga untuk menampung para peserta maupun wisatawan yang datang ke Tosari, Kabupaten Pasuruan. Jadi, sekali lagi saya undang semua wisatawan datang ke Tosari, sekaligus berlama-lama di Kabupaten Pasuruan, karena September ini adalah Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1086,” promo Irsyad.

Sementara itu, khusus untuk nomor lari yang akan diikuti oleh peserta sama dengan tahun lalu. Kompetisi tersebut terbagi dalam tiga kategori, yaitu: Full Marathon berjarak 42.195 kilometer, Half Marathon berjarak 21.097 kilometer, dan 10 K atau lari 10 kilometer. (eml/yog/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »