Proyek JPE Terus di kebut sebagai pilar ekonomi jatim

Gresik (wartaonline.co.id) 23/8

Proyek Pembangunan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIPE),di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik, Jawa Timur merupakan bagian dari jaringan logistik internasional.

Demikian di tegaskan, Menko Perekonomian Darmin Nasution’ saat berkunjung ke JIPE di Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur, bersama dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani, Minggu (23/8/2015).

Darmin menginggatkan, agar proyek JIPE bisa berjalan sesuai rencana, keberadaan JIPE atau kawasan industri terpadu, ini harus melibatkan kearifan lokal masyarakat sekitar, karena mereka tidak boleh hanya dijadikan sebagai penonton.

“Pengalaman di lapangan adanya proyek industri modern kerap kali dituding tidak peduli terhadap masyarakat sekitar. Sehingga, mereka paling tinggi jadi pedagang kaki lima. Apalagi JIPE berada di Gresik, daerah yang dikenal sebagai kota santri dan kota wali,” ujarnya kepada wartawan.

Proyek pembangunan JIPE persiapannya sudah cukup bagus. Bahkan, informasi yang masuk ke dirinya kawasan industri terpadu itu juga akan dibangun sarana rekreasi. Karena itu, untuk mempercepat kawasan ini ada beberapa hal yang akan intensifkan komunikasinya supaya berjalan sesuai planning. sambung, Darmin’

“JIPE termasuk kawasan industri terpadu untuk meningkatkan daya saing. Untuk itu, sarana infrastrukturnya akan dibangun akses jalan tol, dan jalur kereta api,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, sangat mengapresiasi terhadap dukungan pemerintah pusat, terkait dengan proyek pembanunan JIPE.

“MoU-nya kan sudah dilakukan jadi saya anggap ini sudah luar biasa,” ujarnya.

Kawasan JIPE memiliki luas areal, 2.933 hektar. yang dilengkapi dengan pelabuhan laut seluas 406 hektar, serta kawasan hunian 77 hektar. sedangkan total nilai investasi pengembangan industri ini sebesar Rp 50 triliun. JIPE dikelolah perusahaan patungan antara PT AKR Corporindo Tbk dan PT Pelindo III (persero).(ren/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »