Pemkab Gresik buat Perda Anti Rokok

Gresik (wartaonline.co.id) 17/8

Pemberlakuan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di area publik.akan diberlakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik Pemberlakuan KTR akan diberlakukan melalui Perda nomor 4, tahun 2015.

Perda tersebut awalnya hanya akan dilaksanakan di lingkup Pemkab Gresik. Namun, sesuai perkembangan maka diberlakukan juga untuk di luar kantor pemkab.

“Kabag Hukum Pemerintah Kabupaten Gresik, Edy Hadi Siswoyo. mengatakan’ kami sudah melakukan sosialisasi tentang hal ini dan diikuti oleh 720 peserta diantaranya kepala desa, BPD, tokoh masyarakat selama 9 hari pada senin (3/7/2015).

Lanjut Edy, alasan pihaknya melakukan sosialisasi tersebut agar masyarakat tidak kaget. karena, nanti dalam Perda KTR hanya diberlakukan di area publik. Misalnya, tempat belajar mengajar, fasilitas layanan kesehatan, tempat anak bermain, tempat ibadah, dan dalam angkutan umum.

“Untuk angkutan umum diberlakukan di kapal, bus, taksi, angkot, serta kereta api. Termasuk di antaranya kantor swasta SPBU, bengkel, industri perusahaan kecuali industri rokok,”

Dalam perda tersebut, juga disebutkan larangan memproduksi, menjual dan menggelar iklan rokok.

“Harapannya KTR nantinya bisa membawa dampak positif, seperti jika ada perusahaan yang mengurus IMB, diharuskan menyediakan tempat untuk merokok. Sedangkan untuk memperlancar perda tersebut, Pemerintah Kabupaten Gresik wajib membentuk tim pemantau KTR sebagai bentuk perlindungan dan penegakakn perda,” tutup edy.(ren/sob)

Translate »