Mensos : Istilah Raskin diganti Rasta

Surabaya (wartaonline.co.id) 30/8

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memberikan paket bingkisan bagi masyarakat pra sejahtera. Kegiatan ini, merupakan kerja sama antara Kementerian Sosial dengan salah satu jaringan waralaba nasional.
“Sebanyak 200 paket diberikan untuk warga di Jemursari, Wonocolo dan 200 paket lainnya di Desa Kureksari, Waru Sidoarjo, ” ujar Mensos di Jemursari, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (30/8/2015).
Masyarakat setempat, kata Mensos, sebelum bulan puasa lalu, menjadi tenang karena sudah mendapatkan distribusi beras miskin (raskin) secara tepat waktu dari Bulog.

“Mulai saat ini, istilah ‘Raskin’ saya ganti menjadi beras untuk keluarga sejahtera (rasta), ” tandasnya.

Dalam penanggulangan kemiskinan, Rasta dan Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu dari sekian upaya yang dilakukan pemerintah agar untuk menyejahterakan masyarakat dan peran negara hadir.

“Tidak salah lagi, PKH bisa menjadi bantalan status sosial ekonomi masyarakat pra sejahtera di Indonesia, ” terangnya.

Lebih jauh, Mensos menjelaskan, selain PKH dan rasta, Kementerian Sosial memiliki Standart Operating Prosedure (SOP) penanganan bencana yang didukung personel Taruna Siaga Bencana (Tagana).

“Saat bencana, Tagana bertugas mendirikan Dapur Umum Lapangan (Dumlap) dan juga bisa menyiapkan tangki air di daerah yang kekeringan, ” ucapnya. (sob/tim/ humsos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »