Kesenian Reyog Ponorogo pemikat masyarakat

Ponorogo (wartaonline.co.id) 17/8

Kesenian reyog ponorogo Sebagai sarana guna memperkenalkan budaya dan yang ada dikota Ponorogo, kesenian ini digelar setiap tahun yang diberi nama gelar budaya, dimana seluruh seni dan budaya ditampilkan. Bukan saja seni dan budaya yang ada dikota reyog ini, berbagai seni budaya dari kabupaten lain yang ada di Jawa Timur turut memeriahkan acara ini.

“Selain seni dan budaya Ponorogo, juga hadir sebagai tamu istimewa dalam acara budaya tahun ini, diantaranya seni budaya dari Kabupaten Tuban, Purbolinggo, kota batu, serta kesenian lain yang ada dijawa timur,” ujar Sapto Djatmiko Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Ponorogo.

Lebih lanjut Sapto menambahkan, kota Ponorogo memang kaya akan seni budaya, bukan saja reyog yang sudah mendunia, namun berbagai kesenian lain.”Banyak komunitas seni yang sengaja kita tampilkan digelar budaya ini, agar masyarakat luas tahu dan mengenal ternyata kita tidak hanya punya reyog,”terangnya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan nantinya kota Ponorogo bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang ada diJawa Timur, selain sebagai bentuk pelestarian dan pengenalan kepada generasi penerus.

“Acara ini digelar untuk menghibur masyarakat Ponorogo. Terlebih guna mengenalkan seni budaya pada generasi muda, sekaligus diharapkan berdampak kepada ekonomi kota Ponorogo secara menyeluruh,”terang Sapto.

Masyarakat yang ada diPonorogo dan sekitarnya nampak antusias berkerumun dari mulai depan paseban aloon-aloon hingga sepanjang rute yang dilalui peserta gelar budaya ini.”Gelar Budaya merupakan acara yang sangat bagus, dimana kita bisa melihat berbagai kesenian dari berbagai komunitas seni budaya yang ada diPonorogo maupun dari luar kota,”ungkap Lia salah satu warga Ponorogo.

Salah satu yang menjadi perhatian masyarakat yang melihat gelar budaya kali ini adalah kesenian jaran kecak dari Probolinggo. “Yang jelas unik, karena kepiawain kuda dalam menari mengikuti alunan musik, dan baru kali ini saya melihat kesenian ini,”imbuhnya.(din/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »