Jelang pilkada Lembaga Survei mulai semarak di Gresik

Gresik (wartaonlie.co.id) 20/8

Lembaga Pusat Kajian Sosial (LPKS) atau salah satu lembaga survei pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur mencatat tingkat popularitas pasangan Incumbent Sambari-Qosim di wilayah itu menurun dari 60 persen menjadi 32,8 persen.

“Dari hasil survei yang kita lakukan popularitas pasangan Incumbent Sambari- Qosim menurun dan berada pada kisaran 32,8 persen, sementara di peringkat pertama justru ada di pasangan, Khusnul Huluq dan Ahmad Rubai yang mencapai 39 persen, kemudian pasangan Ahmad Nurhamim dan Junaidi 9,2 persen, sisanya masyarakat menjawab tidak tahu,” kata, Ketua LPKS Ahmad Mustar di Gresik,

Dikatakannya, survei ini dilakukan kepada 500 orang yang ada di 18 kecamatan Kabupaten Gresik, dengan tingkat kesalahan 4,47 persen, serta ketepatan mencapai 93,6 persen.

Ia mengatakan, turunnya popularitas pasangan Incumbent di Kabupaten Gresik salah satunya dikarenakan kurang puasnya masyarakat terhadap kinerja pasangan Incumbent selama memimpin wilayah Gresik.

Mustar menyebutkan, sekitar 50,4 persen masyarakat Kabupaten Gresik merasa tidak puas dengan kepemimpinan pasangan Incumbent selama menjabat, dan sekitar 47 persen masyarakat merasa puas, sisanya sekitar 2,6 persen tidak tahu atau tidak menjawab terkait kepemimpinan itu.

“Kami melakukan survei dengan menerjunkan sebanyak 50 orang, untuk mengetahui dinamika pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Gresik jelang penetapan pasangan calon,” katanya.

Sementara itu, Ketua Relawan Pasangan Incumbent Sambari-Qosim, Chumaidi Ma’un mengaku tidak percaya dengan hasil survei tersebut, sebab pihaknya yakin popularitas pasangan petahana masih tinggi di sejumlah wilayah Kabupaten Gresik.

“Kita juga mempunyai hasil survei yang telah dilakukan oleh beberapa relawan yang memang nyata di lapangan, dan menyebutkan pasangan Incumbent Sambari – Qosim masih unggul di kisaran 60 hingga 70 persen,” katanya.

Meski demikian Chumaidi mengaku telah menyusun sejumlah strategi politik untuk mempertahankan popularitas Incumbent, dengan menggelar pertemuan internal yang melibatkan beberapa relawan dan pengurus partai pengusung pasangan Incumbent, yakni PKB dan Demokrat.

“Menurut hasil survei yang dilakukan Relawan Gerakan Sosial (RGS) Sambari-Qosim hasilnya masih 70 persen, dan apabila digelar Pilkada saat ini saya yakin Incumbent akan menang,” katanya.

Chumaidi mengaku, sejumlah hasil survei dari beberapa lembaga akan dijadikan ukuran serta masukan bagi tim Sambari-Qosim untuk lebih kompak dalam menggalang kekuatan memenangkan pasangan incumbent.

“Kalah menang dalam politik itu adalah takdir, yang penting saat ini kita harus bermain sehat dan memberikan pendidikan politik yang bagus bagi masyarakat Gresik,” katanya.

Sebelumnya, tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Gresik telah mendaftar sebagai peserta Pilkada ke kantor KPU, masing-masing adalah Khusnul Huluq dan Ahmad Rubai, Sambari Halim Radianto dan Mohammad Qosim serta Ahmad Nurhamim dan Junaidi.(ren/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »