Jamaah Haji Kloter Pertama Berangkat dilepas oleh menag

Jakarta(wartaonline.co.id) 21/8

Jamaah haji Indonesia kloter pertama yang berangkat dari embarkasi Pondok Gede, Jakarta. akan di lepas pagi ini oleh menteri agama RI (juma,at 21/8) Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama

“Jangan terlalu memforsir atau memaksa diri dalam melakukan amalan-amalan utama saat berhaji,” kata Lukman saat memberi pengarahan kepada jamaah haji di Jakarta, Jumat (21/8/2015) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, ada kecenderungan semangat beribadah yang sangat tinggi dari jamaah saat berada di Tanah Suci. Hal itu terkadang membuat mereka melakukan aktivitas yang merugikan kesehatan, misalnya kurang istirahat atau kurang konsumsi makanan sehat.

Kendati demikian, Menag enggan disebut membatasi ibadah jamaah haji. Dia hanya ingin menekankan pentingnya jamaah menjaga kesehatan karena rangkaian ibadah haji cukup lama dan menguras stamina.

Dengan kata lain, kata dia, jangan sampai memforsir diri dalam beribadah kemudian tidak dapat melaksanakan ibadah penting seperti wukuf.

“Apapun amalan haji adalah ibadah. Jangan pernah lupa dengan niat awal kita pergi ke Tanah Suci, karena kita sedang akan beribadah, puncaknya itu wukuf. Terlebih kloter awal ini akan lebih banyak waktu dari jamaah lainnya maka jangan terlalu diforsir,” kata Lukman.

Di tempat yang sama, Nila Moeloek Menteri Kesehatan mengingatkan agar jamaah haji waspada terhadap penyebaran penyakit MERS-CoV yang kasusnya banyak ditemukan di Arab Saudi.

Beberapa yang harus diingat jamaah haji, kata Nila, seperti menjalankan perilaku hidup sehat dan tidak terlalu dekat dengan unta karena berpotensi menjadi perantara penyebar MERS-CoV.

Selain itu, Nila meminta jamaah tidak mendatangi rumah sakit di Arab jika tidak benar-benar terpaksa. Alasannya, di RS terkadang justru menjadi tempat awal mula penyebaran MERS-CoV. (ant/dwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »