Gunung Lawu masih Terbakar hingga kini

Karanganyar (wartaonline.co.id) 26/8

Kebakaran hutan di Gunung Lawu terus membesar dari yang sebelumnya membakar hutan Lawu di area Jawa Timur, kini merambah ke hutan Lawu di Jawa Tengah tepatnya di jalur Tambak Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Kondisi itu mengancam keselamatan tanaman obat dan sumber air warga.

Komandan Karanganyar Emergency Joko Sunarto mengatakan, tanaman obat yang memang banyak ditemui di Gunung Lawu terancam ikut terbakar. Begitu juga dengan sumber mata air yang biasa dinikmati warga di lereng Gunung Lawu. [Baca: Hutan Lawu Kembali Terbakar]

“Bila api tak juga mampu dipadamkan, pipa yang selama ini menyalurkan air dari sumber mata air bisa terbakar,” ujar Polet -sapaan Joko Sunarto- kepada Okezone di Posko Karanganyar Emergency di Ngargoyoso, Karanganyar, Selasa (25/8/2015).

Sementara hewan yang selama ini mendiami hutan Gunung Lawu terpantau mulai berlarian turun mencari wilayah aman. “Hewan seperti lutung, kijang, babi hutan, dan kera yang selama ini berada di Pos 3, terpantau mulai turun, meski kebakaran belum mencapai Pos 3,” tambahnya.

Sedangkan hewan lainnya seperti macan belum terpantau keberadaannya, namun dia memprediksi hewan tersebut aman dari sengatan api. “Untuk macan, belum terpantau sudah turun atau belum. Tapi biasannya, macan hidupnya di pinggiran hutan. Jadi kemungkinan masih aman,” pungkasnya.

Sementara itu, tim gabungan yang terdiri SAR, BPBD, Emergency Karanganyar, Sekber, Dimpa Unsa, Potlot PDAN, juga SAR Polres Karanganyar kembali diberangkatkan untuk memadamkan api. (sob/tim/antara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »