Muzammil Syafi,i : Dana Desa perlu di awasi Pendamping

Pasuruan (wartaonline.co.id) 9/7

Anggota DPR Propinsi Jawa Timur dari Partai Nasdem dapil 2 (Pasuruan- Probolinggo) H. Muzzamil syafi,i M.Si kamis (9/7) melakukan serangkaian penyerapan aspirasi Masyarakat- Reses ke dua tahun 2015 di pasuruan.

Dalam agenda Reses pertama ini , Muzzamil syafi,i bekerjasama dengan PCNU Kabupaten Pasuruan, menjelaskan tugas dan fungsi anggota DPR Propinsi Jawa Timur , untuk menyerap aspirasi dari Masyarakat apa yang di perlukan kemajuan masyarakat didaerah pemilihannya.

Pada kesempatan ini juga memberikan penjelasan UU desa no. 6 tahun 2014, yang pada intinya dalam UU itu di tetapkan untuk kemajuan desa . dengan orientasi desa di berikan otonomi dan mengelola dana yang nantinya akan di pergunakan untuk pembangunan desa .

Dalam acara Reses ini akan dilakukan di daerah pemilihan 2 ( pasuruan –Probolinggo) pertama di Aula PCNU Kabupaten Pasuruan, laziz Sidogiri Pasuruan, di Palm Resto dan Probolinggo. (mulai tanggal 09 s/d 14 Juli 2015).

Kepala Desa nantinya akan di berikan bimtek bagaimana membuat perdes bersama perangkatnya untuk mengelola dana yang di gelontorkan oleh pemrintah itu senilai 1 Milyar. Untuk mengawasi dana desa itu pemerintah akan menempatkan pendamping di setiap desa dan kecamatan.

Nantinya kepala desa akan mendapatkan gaji sebesar UMR di daerah, dan tanah bengkok yang di desa akan di kelola oleh pemerintah desa.

“ ya reses ini kami melakukan penyerapan aspirasi di masyarakat tentang peraturan desa “ Kata muzamil kepada wartaonline.co.id

saat Reses ini ada beberapa masalah di daerah seperti adanya galian sirtu yang tidak mengindahkan kondisi lingkungan  dan usulan peraturan di daerah .

Selain itu juga H. Misbakhul munir anggota PWNU , yang mengelola anggaran untuk bantuan ke masyarakat di Jawa imur, menghimbau untuk lembaga-lembaga yang menerima dana agar di gunakan sebagaimana mestinya untuk kepentingan masyarakat. Jika salah mengelola maka akan berhubungan hukum yang berlaku.

Pada acara reses ini di hadiri oleh beberapa tokoh masyarakat sperti Ketua PCNUkabupaten Pasuruan ,lembaga Bantuan Hukum dan lembaga swadaya masyarakat . (sob/tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »