Pertamina Bagikan Alqur’an ke masyarakat Bojonegoro

Bojonegoro (wartaonline.co.id) 28/6

Operator minyak dan gas bumi (Migas) yang beroperasi di Bojonegoro, Pertamina EP, memberikan bantuan sebanyak 300 Alquran pada takmir Masjid Agung Darussalam, Kabupaten Bojonegoro.

Penyerahan 300 Alquran ini dilakukan secara simbolis oleh Wresniwiro selaku Cepu Field Manager PT Pertamina EP Asset 4, kepada takmir masjid dan disaksikan oleh Bupati Bojonegoro, Suyoto yang hadir sebagai kotib shalat Jumat di Masjid Agung Bojonegoro, Jumat (26/6/2015).

Selain menyerahkan 300 Alquran, Pertamina EP secara simbolis juga menyerahkan 7.500 paket takjil untuk jamaah Masjid Agung Darussalam Bojonegoro. 7.500 paket takjil berbuka puasa itu sudah bisa dinikmati jamaah masjid sejak Kamis petang kemarin

Dengan adanya 300 Alquran baru ini, Alquran lama akan dihibahkan oleh takmir Masjid Agung ke masjid lainnya yang membutuhkan,” ujar Wresniwiro.

Takmir Masjid Agung Darussalam Bojonegoro, Suhud mengatakan, setiap momen bulan suci Ramadan, takmir Masjid Agung Darussalam selalu memberikan menu buka puasa gratis bagi jamaah. Setiap hari ada sekitar 300 sampai 500 jamaah yang berbuka puasa di masjid yang terletak disebelah barat Alun-alun Bojonegoro itu.

‪”Pemberian takjil ini dilakukan takmir mulai dari awal hingga akhir bulan ramadan kepada para jamaah,” ujarnya usai menerima bantuan Alquran dari Pertamina EP.

Makanan takjil yang disediakan tersebut, kata dia, bersumber dari jamaah masjid, masyarakat umum dan perkantoran yang ada di kabupaten setempat. Sehingga dia sangat mengapresiasi dengan adanya bantuan takjil dan Alquran yang diberikan oleh pihak Pertamina EP tersebut.

Diperkirakan selama sebulan menghabiskan dana kurang lebih Rp90 juta untuk takjil. Kami memberi apresiasi atas bantuan 7.500 paket takjil dari Pertamina EP ini,” terangnya.

‪Bupati Bojonegoro Suyoto yang menjadi Kotib Shalat Jumat, dalam kotbahnya menyampaikan, konsep hidup berharga bagi Allah dan manusia.

‪”Bila ingin hidup ini berharga, harus banyak berbuat nyata/berkarya atau dalam tata agama beramal sholeh kepada sesama manusia,” ujar Suyoto.

Masih terkait dengan datangnya Bulan Ramadan, Pertamina EP membantu penambahan fasilitas pendukung kegiatan ibadah di  mushala dan masjid yang ada di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan. Bantuan  yang disampaikan Pertamina EP berupa pemberian karpet, alat penggeras suara dan tandon air.

Khusus untuk Masjid Wonocolo sedang diusahakan  membuat sumur bor untuk memudahkan jamaah masjid mengambil wudhu. Pertamina EP juga akan membenahi tampak depan Masjid Wonocolo, khususnya pada bagian platfom yang telah banyak copot.

‪Takmir Masjid Al Falah, Karno mengatakan, warga berharap dukungan Pertamina EP bisa lebih meningkatkan gairah beribadah warga Desa Wonocolo yang kini terus tumbuh. Di Desa Wonocolo sediri, saat ini ada 1 masjid dan 4 mushala. Semua tempat ibadah itu penuh sesak saat tarawih.

Kegiatan beribadah warga Wonocolo sedang tumbuh luar biasa. Dulu yang jumatan di Masjid paling hanya 11 orang, sekarang kalau jumatan sedikitnya mencapai 60 jamaah. Penambahan fasilitas ini semoga makin meningkatkan gairah ibadah warga,” kata takmir Masjid Al Falah, Karno.kbc6/sob

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »