Mudik Gratis akan di Upayakan Baik

Surabaya (wartaonline.co.id) 25/6

Pelaksanaan mudik gratis di Jawa Timur semakin tahun semakin bagus karena ini sudah menjadi amanah Undang Undang. Warga negara berhak mendapatkan pelayanan publik yang layak, demikian kata Said Sutomo Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia

Aesuai UU kebutuhan transportasi harus disediakan oleh negara secara layak.

“Kami selalu menyoroti program mudik gratis. Mulai dari yang dulu tidak mengakomodir motor pemudik akhirnya difasilitasi. Lalu ada pemudik yang tertinggal akhirnya diupayakan ada fasilitas tambahan,” kata Said pada Radio Suara Surabaya.

Selain itu, lanjut Said, sebelumnya juga diusulkan untuk mudik gratis dengan kereta api dan kapal laut akhirnya diadakan. “Barangkali ke depan ada mudik gratis dengan pesawat juga ada. Tapi untuk mudik gratis dengan pesawat ini memang khusus untuk orang yang tidak mampu,” ujar dia.

Said menyarankan, untuk ke depannya perlu diakomodasi masing-masing kabupaten/kota. Misalnya untuk pemudik dari luar Surabaya yang akan menuju Surabaya bisa ada angkutan gratis yang mengantarkan sampai ke depan rumah tujuan.

“Begitu pula sebaliknya pemudik yang dari Surabaya bisa dijemput oleh Bupati atau Walikota daerah tujuan dengan kendaraan di daerah tersebut. Kemudian pemudik bisa diantarkan ke rumah tujuannya,” katanya.

Jika ini bisa terlaksana, kata dia, diharapkan kegiatan ini sampai pada skala nasional. (dwi/rst/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »