Bojonegoro Bangun Jembatan senilai Rp. 12,3 M

Bojonegoro  )wartaonline.co.id) 21/6

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, mengalokasikan Rp 12,3 miliar dari APBD 2015 untuk melanjutkan pembangunan jembatan yang melintang diatas bengawan solo yang menghubungkan dua Kecamatan, yakni Kecamatan Padangan – Kasiman, hingga kini belum selesai pembangunannya.

“Kelanjutan pembangunan jembatan Kasiman-Padangan akan dimulai bulan ini,” kata Camat Kasiman Mochalsin Andi Irawan.

Ia menjelaskan,bahwa dalam sosialisasi warga di dua wilayah, terkait pelaksanaan pekerjaan pembangunan jembatan Bengawan Solo Padangan – Kasiman, warga sangat mendukung.

“Warga di dua wilayah jelas sangat mendukung pembangunan jembatan,” katanya, menegaskan.

Lebih lanjut ia menjelaskan pekerjaan proyek pembangunan jembatan Bengawan Solo dengan alokasi anggaran sebesar Rp12,3 miliar tersebut untuk meneruskan pekerjaan pembangunan jembatan tahun lalu.

“Jembatan Bengawan Solo sudah terbangun, bahkan sudah bisa dimanfaatkan untuk arus lalu lintas warga, tapi baru sebatas kendaraan roda dua bukan kendaraan roda empat,” paparnya.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkab Bojonegoro, Andi Tjandra, menjelaskan alokasi anggaran Rp12,3 miliar, akan dimanfaatkan untuk membangun tebing penahan jembatan  sepanjang 50 meter di masing-masing Kecamatan Padangan dan Kasiman.

“Tambahan tebing penahan jembatan itu merupakan rekomendasi Kementerian PU untuk memperkuat jembatan,” katanya.

Selain itu,  alokasi anggaran juga akan dimanfaatkan untuk memperbaiki jalan sekitar 1 kilometer di Kecamatan Kasiman dan jalan di Kecamatan Padangan sepanjang 100 meter.

“Di sepanjang jalan di Kasiman dan Padangan juga akan dilengkapi lampu penerangan jalan,” jelasnya.

Menurut dia, dengan keberadaan jembatan yang menghubungkan Padangan-Kasiman tersebut merupakan usaha untuk membuka akses warga di utara Bengawan Solo, sebab selama ini warga setempat jika akan ke Bojonegoro harus berputar lewat Cepu, Jawa Tengah.

“Adanya jembatan Bengawan Solo akan memperpendek jarak tempuh warga,” tandasnya.

Lanjut Dia, yang jelas, pemkab masih akan menambah satu jembatan lagi, yang menghubungkan Kecamatan Kota dan Trucuk, yang rencananya dibangun tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »