Puluhan ribu Buruh peringati hari May Day di surabaya

 
SURABAYA-wartaonline.co.id  (1/5/2015).
Sekitar 50 ribu buruh dari 48 Serikat Pekerja (SP) yang ada di Jatim melakukan aksi turun jalan.  Mereka itu berasal Sidoarjo, Mojokerto, Gresik dan Surabaya.  Aksi digelar dalam memperingati hari buruh internasional yang jatug pada tanggal 1 Mei. Para buruh itu membawa poster yang berisi tuntutan mereka.
Sukarji, dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) mengatakan, aksi ini bukan hanya untuk memperingati may day, juga untuk menyampaikan tuntutan pada pemerintah, dan itu merupakan aspirasi para pekerja di Jatim.
Diantara tuntutan pekerja adalah dihapuskan Pengadilan Hubungan Industri (PHI), karena PHI hanya merugikan buruh. “Setiap siding di PHI buruh hanya jadi obyek saja,” kata Sukarji diarena demo di Tugu Pahlawan, dean kantor gubernur Jumat (1/5/2015)
Tuntutan lainnya adalah perbaikan layanan Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS), karena layanannya jauh lebih jelek dari Jamsostek, padahal iurannya jauh besar dari Jamsostek. Parr buruh juga menolak rencana pemerintah yang akan menaikkan upah buruh tiap dua tahun atau lima tahun.
“Upah buruh harus dinaikkan tiap tahun, minimal sama besarya dengan inflasi,” jelas Sukarji.
Gubernur Jatim H Soekarwo rencananya akan menerima perwakilan pekerja pada pukul  15.00. Sudah disediakan dua tumpeng besar di kantor gubernur. Rencana akan dipotong oleh perwakilan buruh dan gubernur.
Meski hujaan menggusur kota Surabaya, tidak menurutkan semangat para buruh untuk melakukan aksinya. Mereka beroperasi, dan meriakkan yel yel sebagai penyemangat dan simbol perjuangan.(din/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »