Kotoran Manusia bisa di jadikan BBM bensin

Ingrris (wartaonline.co.id) 2/5

Kemajuan ilmu tehnologi semakin hari semakin bertambah,  manusia mulai kreatif dengan hasil penelitiannya dengan hasil temuannya di bidang ilmu tenologi untuk memberikan solusi bagi masyarakat.

Disaat orang-orang di dunia ini semakin terdesak akan kebutuhan energi alternatif. Maka semakin membuat orang-orang melakukan penelitian guna menemukan energi baru yang pastinya lebih ramah lingkungan.

Lalu, seperti yang diberitakan oleh dailymail, saat ini di Inggris ada Bus yang dijalankan dengan tenaga kotoran manusia serta sampah makanan. Dan rencananya bus ini akan dioperasikan dengan melayani rute Bristol dan Bath.

Walhasil Bus ini diberinama Bio Bus, serta kapasitas dari bus ini akan berisi 40 kursi dan hanya mengangkut sekitar 40 penumpang saja. Dan kendaraan ini akan dioperasikan dengan gas biometana yang dihasilkan melalui pengolahan limbah dan sampah makanan yang ada.

Bus ini juga akan menjadi kendaraan yang benar-benar ramah lingkungan. Dengan jarak 300 km, bus ini hanya akan menghabiskan satu tangki gas saja.

Karena satu tangki gas ini biasanya dapat terisi penuh oleh kotoran yang dikeluarkan lima orang selama setahun, sungguh irit sekali kendaraan ini.

Bio Bus dioperasikan oleh Perusahaan Bath Bus dan mengangkut orang dari Bandara Bristol dan pusat kota Bath.

Gas biometana diambil dari pengolahan limbah Bristol, yang dijalankan oleh GENeco, anak dari perusahaan Wessex Air. Petinggi GENeco Mohammed Saddiq mengungkapkan, ”Kendaraan bertenaga gas ini memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas udara di kota-kota Britania Raya.”

Akan tetapi, menurut Saddiq, Bio-Bus ini hanya akan menghabiskan kotoran manusia dan makanan yang berasal dari warga yang tinggal di kawasan Bristol dan Bath saja.

Pengolahan limbah Bristol mengolah 75 juta meter kubik serta limbah kotoran dan 35.000 ton limbah makanan setiap tahun. Sebanyak 17 juta meter kubik biometana, cukup untuk mengaliri listrik sebanyak 8.300 rumah, dihasilkan setiap tahun di pabrik itu melalui proses yang dikenal sebagai pencernaan anaerobik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »