Kader Parta Demokrat Buat Kongres Tandingan

Surabaya (wartaonline.co.id) 10/5

Kongres IV Partai Demokrat (PD) yang akan digelar pada Senin (11/5/2015) hingga Rabu (13/5/2015) di Hotel Shangri-La Surabaya, bakal seru  pasalnya sekitar 161 dpc Partai demokrat   buat kongres tandingan.

Mereka yang memprotes adalah para ketua DPC PD yang telah dipecat oleh DPP PD dan diganti oleh Plt. Mereka yang berjumlah 161 orang ini tergabung dalam Kaukus Penyelamat Partai Demokrat (KPPD).

Aksi protes ini dipicu gara-gara pada Minggu (10/5/2015) pukul 19.00 WIB malam ini rencananya KPPD mengadakan acara temu kangen dan silaturahmi di Hotel Java Paragon Surabaya (seberang Hotel Shangri-La arena Kongres). Tapi, sayangnya ketika sore hari para pengurus KPPD datang ke hotel, hotel sudah di-police line.

“Pada jam 7 malam ini rencananya acara temu kangen dalam rangka menyikapi kongres dari Kaukus. Kami ini cinta Demokrat dan merupakan kader lama di Demokrat yang ingin kongres berjalan lancar seperti keinginan SBY,” tegas juru bicara KPPD Basuki (Ketua DPC PD Kabupaten Nganjuk yang dipecat) kepada wartawan di Sutos Surabaya, Minggu (10/5/2015) malam.

Pihaknya mengaku bingung ketika akan memasuki Hotel Java Paragon sudah di-police line. “Ini ada apa? Kami menyesalkan dan berharap kepada Presiden Jokowi dan Kapolri mohon diperhatikan masalah ini, supaya kongres berjalan dengan baik dan tidak ada diskriminatif,” tukasnya.

Selain itu, KPPD memprotes kebijakan Ketua Harian PD Syarif Hasan yang melakukan pemecatan pengurus DPC menjelang kongres.

“Kami telah menyampaikan protes ke DPP, akan tetapi suara kami tidak didengarkan dan digubris. Kalau seperti ini, tidak menutup kemungkinan kami menggelar kongres tandingan. Nanti ada rapat secepatnya membahas itu,” imbuh Moh Eksan, Sekretaris KPPD yang juga pecatan mantan Ketua DPC Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Menurut dia, seluruh surat pemberhentian 161 DPC dan pengangkatan Plt tidak sah serta batal demi hukum. “Kami harap Kongres dinilai bisa mengkoreksi keputusan Syarif Hasan, agar dipulihkan sebelum kongres dimulai. Kongres terancam ilegal kalau tidak mengikutsertakan kami sebagai peserta kongres,” jelasnya.

Pihaknya mengancam akan mendatangi ke arena kongres pada Senin besok. “Aksi ini tidak ada kaitan sama sekali dengan dukungan ke Gede Pasek atau Marzuki Alie,” pungkasnya. [tok/but/sob]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »