Jalan Tol Gempol Pandaan bakal di operasionalkan

 
SURABAYA-wartaonline.co.id (12/5)
Dua ruas jalan di Jatim, yaitu ruas Gempol-Pandaan, dan ruas Kejapanan-Gempol akan beroperasi pada bulan Mei ini. Pembangunan fisik jalan sudah selesai. Operasional terkendala karena ada plengsengan jalan yang ambrol.
Kepala PT Jasa Marga Surabaya-Gempol, Eddy R Lukman mengatakan, ruas tol Kejapanan-Gempol telah dilakukan uji coba mulai Jumat (8/5/2015) lalu, sampail tanggal 17 Juni mendatang. Selama masa uji coba, kendaraan yang lewat masih digratiskan.
“Mulai tanggal 18 Mei kendaraan yang lewat tol Kejapanan-Gempol harus membayar,” kata Eddy R Lukman ketika mendampingi kunjungan komisi VI DPRI melihat pembangunan jalan tol di Jatim.
Jalan tol sepanjang 3,55 kilo meter itu, dibangun dengan investasi sebesar Rp 500 miliar. Sedangkan taripnya sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahn Rakyat nomor 259/KPTS/M/2015, untuk golongan satu sebesar Rp 3.000, golongan II sebesar Rp 4.500, golongan III sebesar 6.000 dan golongan IV sebesar Rp 7.500 serta golongan V sebesar Rp 8.500.
Untuk Timur, yaitu Gempol-Rembang pembangunannya sudah hampir rampung. Namun ada kendalabeberapa pemilik lahan yang belum bersedia menerima harga yang ditawarkan pihak pemerintah. Ditargetkan pembebasan lahan selesau bulan Agustus, dan akhir tahun 2015 pembangunannya sudah selesai.
Sementara itu pimpinan proyek (Pimpro) jalan tol Gempol-Pandaan, Raharjo mangatakan, jalan tol Gempol-Pandaan sepanjang 13,61 kilometer dibangun dengan investasi sebesar Rp 1,2 triliun. Akhir bulan Mei ini diperkirakan sudah selesai, dan bisa dilakukan uji coba.
Dengan selesainta pembangunan jalan tol Gempol-Pandaan, diharapkan bisa mengurangi kemacetan jalan arteri Gempol-Malang. Setelah itu akan dilanjutkan pembangunalan jalan tol Pandaan-Malang.(din).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »