Bau Limbah Plastik CV. Syam Jaya menganggu warga Kraton Harmoni

Pasuruan (wartaonline.co.id) 12/5

Limbah plastik yang dihasilkan cv. Syam Jaya, di desa bendungan Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan jawa timur , hingga kini mengganggu warga sekitar. Pasalnya opersioanal pabrik peleburan limbah palstik menjadi biji plastik ini tidak mengindahkan kesehatan lingkungan.

Padahal aktivitas peleburan limbah plastik menjadi biji plastik ini telah di ingatkan oleh warga akan bahaya limbah yang di bakar dihasilkan dari pembakaran yang bau menyengat di udara.

Menurut ketua RT/ O2/RW/XI subari, pihak pengelola pernah di ingatkan namun hingga kini masih tetap tidak mengindahkan tata lingkungan akhibat limbah plastik yang di bakar.

Sementara Suprapto bagian Pengawsa Badan lingkungan Hidup (BLH) kabupaten Pasuruan mendengar dan melihat limbah plastik yang di bakar itu berang, karena sampah tidak boleh di bakar, apalagi plastik “ katanya kepada wartaonline.co.id

Dari pengamatan wartaonline.co.id pengelola limbah plastik CV. Syam Jaya ini tidak membuat IPAl ( intaslasi pembuangan limbah) selama ini limbah yang di hasilkan dari lelet plastik sisa dari saringan pencetak biji plastik yang di bakar  di pinggir jalan raya lihat mula yakni pagi, siang sore dan malam sehingga bau menyengat menyebar di udara, jika warga yang lewat disekitar perumahan kraton Harmoni itu akan merasa mual muntah mencium baunya.

Selama ini warga yang tinggal di sekitar kawasan perumahan kraton Harmoni tidak tahu efek dari limbah plastik  yang di bakar  akan meracuni paru-paru dan kanker otak jika  plastik yang di bakar mengandung  racun dioksida yang di hasilkan dari pembakaran limbah plastik itu.

Plastik yang di bakar di bawa angin menyebar ke udara mengandung racun kemudian di tiup oleh paru-paru . warga kraton Harmoni selama ini tidak sadar bahwa akhibat pembakaran limbah plastik ini akan berakhibat fatal bagi masyarakat yang hidup di sekitar lokasi, selama ini warga ada yang menderita mual mual dan gatal-gatal akhibat dari limbah plastik yang di bakar tidak mau tahu akan efek akhibat limbah plastik. (sob/ham)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »