Tanggul kali welang Kraton Pasuruan jebol belum di perbaiki

Pasuruan (wartaonline.co.id) 16/4

Tanggul kali welang desa tambak rejo kecamatan Kraton kabupaten Pasuruan jembol , hingga kini belum ada upaya pemerinta setempat untuk memperbaiki. Jika melihat di lokasi kejadian apa bila saat ada banjir air sunggai meluap dan menenggelamkan rumah warga di dukuh kedung pasar desa tambak rejo kecamatan Kraton.

Saat wartaonline.co.id meninjau lokasi kejadian peristiwa jebolnya tanggul kali welang ini sudah 3 bulan yang lalu tetapi hingga kini belum ada upaya dari pihak pemerintah membangun atau memberikan tanggul darurat.

Antok warga dukuh kedung pasar desa tambak rejo pemilik rumah pas di dekat jebolnya tanggul merasa was-was jika ada banjir. Karena air sungai langsung masuk di halaman amping rumah karena tanggul yang menyangga telah jebol.

“ ya saya jika ada banjir saya was-was mas rumah saya hanyut, dan ternak saya ini di kandang, kami mohon pihak pemerintah untuk segera menanggul tembok kali ini jika tidak rumah warga dan sekiranya akan hanyut di bawa banjir “ permintaaanya melaui wartawan media wartaonline.co.id (16/4)

Dari pantauan wartaonline.co.id di lokasi pada posisi jembolnya tanggul kali welang itu, ada puluhan perahu yang di tabatkan di tanggul .apa kemungkinan menahan beban tali perahu nelayan itu mengakibtakan tanggul jebol. Dan di lokasi sebelumnya 2 tahun yang lalu pernah di bangun tanggul dengan menggunakan geronjong batu yang di tali kawat untuk menahan tekanan air tetapi saat ini di sebelahnya selatanya yang ambrol.

Sementara camat Kraton Drs. Zubad, M.Si mengatakan pihak kecamatan telah melaporkan ke pemrintah kapan tanggul yang jebol itu akan di bangun diirnya belum tahu “ ya tanggul yang jebol ini sudah saya laporkan ke dinas pengairan dan cipta karya “ katanya.

Sementara direktur Komunitas peduli lingkungan Kraton Mohamad sobari mendesak agar pemerintah segera membangun tanggul kali wealng yang jebol agar tidak menelan korban , apa menunggu korban lagi baru di bangun “ katanya kepada wartaonline.co.id (sob/tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »