Pertambangan di Banyuwangi Belum Berizin ke Gubernur

 
 SURABAYA-wartaonline.co.id (9/4/2015)
Gubenur Jawa Timur Soekarwo berhak menolak atau menerima memberikan izin pertambangan pasir di Banyuwangi  yang diperuntukkan kepentingan pembangunan Pelabuhan Benoa yang dilakukan PT. Tirta Wahana Bali Internasional (TWBI).
            “Saya memiliki hak prerogative untuk menolak dan menerima perizinan ini. Namun, karena sampai sekarang belum adan izin masuk , apa yang harus ditolak atau diterima,” kata Gubernur Jatim Soekarwo di gedung Negara Grahadi, kemarin.
            Dalam rencana penambanngan pasir di Banyuwangi, hingga sekarang Gubernur mengaku belum menerima izin dari perusahaan tersebut untuk ekplorasi pasir di Banyuwangi.
            Gubernur mengaku sudah menerima banyak masukan termasuk dari LSM lingkugan hidup yang meminta agar Gubernur menolak rencana pertambangan pasir tersebut.
            Menurut Gubernur, sebelum mengizinkan banyak pertimbangan yang yang dipikirkan mulai dari lingkungan, apakah wilayah yang diajukan masuk dalam wilayah pertambangan (WP) yang diajukan Bupati Banyuwangi.
            Bila WP diajukan apakah sudah sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Banyuwangi, termasuk apakah Amdal dan UPL,serta UKL sudah lengkap.
            Meskipun semuanya sudah lengkap, Gubernur memiliki hak prerogative untuk menolak atau menerima perizinan pertambangan tersebut. “Jadi, tidak serta merta, karena lengkap lantas saya izinkan belum tentu, masih banyak pertimbangan, termasuk masukkan dari masyarakat,” ujarnya.
            Karena itu, gubernur menegaskan tidak akan gegabah memberikan izin begitu saja pertambangan pasir di Banyuwangi, banyak faktor yang menjadi pertimbangan untuk memutuskan memberikan izin.
            Gubernur meminta warga maupun LSM tidak perlu khawatir bahwa dalam kasus pertambangan di Banyuwangi pihaknya akan mempertimbangkan semua faktor, mulai sosial, budaya, politik dan ekonomi. Ditanya apakah wilayah yang diekplorasi masuk dalam wilayah WP. Gubernur menyatakan masih akan melihat petanya karena ada titik koordinat untuk menentukan WP.
            Pemprov memberi perhatian serius dalam pertambangan di Banyuwangi. Dalam waku dekat tim Pemprov Jatim akan ke lapangan untuk melihat dari dekat lokasi rencana pertambangan itu.(din/sob).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »