Menristek : 32 ribu Dosen belum standar

Aceh (wartaonline.co.id) 6/4

Kwalitas pendidikan diIndonesia kini masih belum memenuhi standar hal ini di ungkapkan oleh M Nasir Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek dan Dikti) menyatakan ada 32 ribu dosen di Tanah Air yang belum berstandar minimal.

“Rata-rata dosen tersebut berpendidikan sarjana, yang seharusnya pendidikan minimal jadi dosen S2” katanya usai memberikan kuliah umum di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh seperti dilansir Antara.

Ia menjelaskan 32 ribu dosen yang belum berstandar minimal tersebut tersebar di perguruan tinggi swasta di seluruh Indonesia.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan kemampuan dosen tersebut salah satunya dengan program pemberian beasiswa,” katanya.

Ia mengatakan standar profesional dosen tersebut juga akan disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

“Memang seluruh dosen tersebut aturanya ditargetkan akan selesai pada 2015,” katanya.

Namun, pihaknya akan mengkaji kembali waktu tersebut dan kemungkinan target seluruh dosen tersebut akan berstandar minimal akan tercapai pada 2017.

Dalam kunjungannya ke Aceh tersebut, Menristek dan Dikti juga meluncurkan 12 program studi umum yang dibuka di UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh.

Ia menambahkan, terkadang ada dosen tersebut yang tidak mengurus terhadap jenjang pendidikannya sehingga masih berkutat pada sarjana.

Dalam kegiatan tersebut Menristek dan Dikti didampingi Prof Farid Wajdi Ibrahim Rektor UIN Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, Hasanuddin Darjo Kadis Pendidikan Aceh dan pimpinan di lingkungan perguruan tinggi itu. (ant/dwi/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »