Buruh Surabaya demo macetkan jalan surabaya

Surabaya (wartaonline.co.id) 30/4

Ribuan buruh Jabodetabek, sudah bersiap menyambut peringatan May Day atau Hari Buruh Sedunia, pada 1 Mei, Jumat besok.

Bahkan untuk menyemarakkan acara tersebut, buruh pun mengundang pimpinan dewan, turut hadir dan partisipasi dalam acara May Day tersebut.

” Ya kami (pimpinan Dewan) mendapat undangan dari temen-teman buruh untuk menghadiri acara May Day, di Gelora Bung Karno (GBK) besok,” ujar Fadli Zon Wakil Ketua DPR RI di kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (30/4/2015).

Fadli Zon memastikan, akan hadir dan memenuhi undangan kelompok buruh untuk peringatan May Day tersebut.

” Ya , besok saya akan hadiri undangan peringatan May Day. Mungkin acaranya ya diskusi dan orasi saja dengan buruh,”ujar Fadli Zon.

Sementara dalam peringatan May Day tahun 2015 ini, gerakan Buruh Indonesia telah mengeluarkan beberapa tuntutannya.

Andi Gani, Presiden KSPSI mengatakan Pemerintah belum memiliki komitmen yang jelas dalam mensejahterakan rakyat Indonesia, serta masih lemah dalam komitmen penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.

Oleh karena itu, buruh mengeluarkan beberapa tuntutan yakni membatalkan kenaikan upah 5 tahun sekali dan menetapkan upah layak nasional.

Selain itu, buruh juga minta Pemerintah merevisi Peraturan Kementerian nomor 19/2013 tentang outsourching. Di sisi lain, buruh meminta untuk merevisi total undang-undang no.2/2004 tentang PPHI.

Adapun, 2 tuntutan lain adalah Pemerintah diminta untuk segera menerbitkan Peraturan menteri yang mewajibkan upah dibayarkan selama proses perselisihan hubungan industrial dan segera membentuk Undang-undang perlindungan buruh.(faz/ipg/Za/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »