Presiden Minta Petani Tingkatkan Produktivitas

 
Ponorogo, (wartaonline.co.id) 7/3
Presiden Joko Widodo berjanji akan stop impor beras asalkan petani dapat mendorong peningkatan hasil panen hal tersebut dikemukakan pada saat kunjungan kerja mantan Gubernur DKI ini di Kota Ponorogo.

“Saya minta ke seluruh petani untuk bersemangat meningkatkan hasil panennya, karena saya sudah sampaikan jangan sampai ada lagi impor beras, tapi produksi juga harus naik,” kata Presiden.

lebih lanjut Presiden menambahkan pemerintah berharap bahwa kita bisa berswasembada pangan, oleh karenanya sarana dan prasarana bagi peningkatan produksi sudah kita siapkan, antara lain perbaikan semua irigasi, pemberian bantuan peralatan pertanian dan pemberian bantuan benih.

“Kita sudah siapkan segala sesuatunya, semua permasalahan akan kita tangani, namun semua tergantung ‘panjenengan’ (anda) bisa meningkatkan produksi dan sehingga tidak perlu impor beras lagi,” tegasnya.

Presiden dalam kunjungan kerjanya di Ponorogo memberikan bantuan alat pertanian, dinataranya alat untuk memanen, alat untuk menanam dan beberapa alat pertanian laiinya. “Ada sekitar tiga ribu traktor yang akan dibagikan belum termasuk alat pemanen untuk menanam padi yang berfungsi bisa menekan biaya operasional hingga 8 sampai 10 persen,”imbuhnya.

Kepala Negara menegaskan pada Maret ini pemerintah juga akan mengumumkan harga jual gabah yang dijanjikan akan sesuai dengan kondisi pasar sekaligus juga menstabilkan pupuk dengan memberikan bantuan pupuk sebanyak satu juta hektar dan benih jagung 93 hektar.
“Nanti kita bantu pupuk gratis, jadi permasalahan pupuk sesegera mungkin bisa teratasi,”imbuhnya.

Selama menghadiri panen raya, Presiden melakukan penanaman dan memanen dengan menggunakan mesin tidak lagi manual seperti dulu, sekaligus memperkenalkan produk buatan anak SMK. Kepala negara juga berkesempatan untuk berdialog dan mendengarkan keluhan para petani.

Mendampingi Presiden pada kunjungan nya di Ponorogo antara lain Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Mensesneg Pratikno, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Bupati Ponorogo Amin.
(dee/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »