Pelaku UKM Harus ada dukungan Pemerintah

Ponorogo (wartaonline.co.id) 2/3

Pengembangan UKM dan perhatian khusus oleh pemerintah terhadap UKM yang ada di daerahnya sudah semestinya dilakukan, bukan justru sebaliknya, hal tersebut dikemukakan oleh Sartono Anggota DPR RI pada saat kunjungan nya di salah satu UKM yang ada di Desa Singgahan Kecamatan Pulung Ponorogo.

“Banyak UKM yang sulit berkembang karena, tidak ada dukungan dari pemerintah, nbukan saja masalah klasik permodalan, namun dalam hal yang lain,”ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Sartono memfasilitasi masyarakat desa singgahan dibidang kerajinan berupa pelatihan anyaman tas plastik untuk ibu rumah tangga.  Harapan kedepan kelompok ini bisa tumbuh berkembang dan berdampak secara ekonomi kepada masyarakat Desa Singgahan dan Kota Ponorogo.

“Kedepan semoga kelompok ini bisa besar dan menjadi percontohan bagi kabupaten lain sehingga menciptakan banyak lapangan kerja bagi masyarakat ponorogo” ungkap sartono.

Pengembangan UKM serta pelaku UKM akan berdampak kepada daerah nyua itu sendiri, minimal dengan harapan berdampak PADnya bertambah naik. “UKM harus bertambah namun perlu kita kawal terus pengembangannya, dengan memberikan solusi dari problem mereka sebagai pelaku UKM.”imbuhnya

Sartono yang saat ini duduk di Komisi VI DPR RI, salah satunya membidang UKM, lebih lanjut menyatakan, banyak peluang permodalan yang bisa diperoleh dari UKM, apakah dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat, maupun dana yang bisa diperoleh dari lembaga-lembaga pemerintah lainnya.

Koperasi dan UKM harus bisa memberikan solusi terhadap permasalahan ekonomi di daerah, khusunya Desa, namun tanpa dukungan dari Pemerintah, akan sangat sulit bisa berkembang,”terangnya.

“Kepada pelaku usaha UKM  dengan  juga harus ada pembinaan, sarana promosi, dan permodalan dengan kredit lunak atau sebagainya,”pungkasnya (dee/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »