Pabrik General Motor di Tutup

jakarta (wartaonline.co.id) 5/3

Penutupan pabrik General Motors (GM) ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi juga di beberapa negara lainnya. Hal ini diungkapkan Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin di Gedung BBPT beberapa saat lalu.

Menurutnya, selain menutup pabrik di Indonesia, GM juga akan menutup fasilitas produksi di Thailand, dan Australia.

“GM Indonesia sampaikan ke saya mereka tutup pabrik akibat kalah bersaing karena cost terlalu tinggi. GM pusat juga akan tutup pabrik di Thailand dan Australia,” ujar Saleh.

Pernyataan Saleh sesuai dengan Presiden General Motors Southeast Asia Operations Tim Zimmerman, yang mengatakan pasar GM di Asean turun. Khususnya di Indonesia dan Thailand karena permintaan pasar domestik lesu.

“Kami harus mempercepat transformasi operasi kami di Asia Tenggara. Kami menerapkan perubahan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan daya saing kami, mempercepat semua proses, dan menempatkan kami dalam posisi yang lebih baik untuk mencapai pertumbuhan di masa depan,” ujarnya dilansir Paultan, Rabu (4/3/2015)

Dengan berhentinya aktifitas pabrik GM di Rayong, Thailand, yang memproduksi Chevrolet Sonic, pabrikan memutuskan tidak meneruskan proyek Eco Car tahap ke-2. Pabrik tersebut memperkerjakan 3.200 karyawan dengan kapasitas produksi mencapai 180 unit per tahun. kbc10/sob

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »