Gunung Tertinggi bukan Jayawijaya tetapi…..

Jaya wijyaa (wartaonline.co.id) 29/3

SELAMA  ini Puncak Jayawijaya dianggap tertinggi di Papua. Padahal, ada satu lagi yang tertinggi. Mau tahu? Ini jawabannya

Jika dulu kita hanya sering mendengar puncak Jayawijaya, maka sekarang Anda harus tahu tentang Danau Habema.

Danau yang berlokasi di kaki gunung Trikora ini berada di ketinggian 3.300 meter di atas permukaan laut. Danau ini memiliki beberapa keunikan menarik.

Keunikan pertama adalah danau ini memiliki salju, yang mungkin sangat jarang atau bahkan tidak ada di daerah lain di Indonesia. Meski tidak selalu diselimuti salju, tapi ini menjadi salah satu keunikan dan daya tarik tersendiri.

“Banyak pesona alamnya, kemudian obyek wisata lain yang menarik. Dulu kalau kita bilang Jayawijaya, sekarang ada Danau Habemana yang ketinggiannya lebih tinggi daripada yang lain dan punya salju,” tutur Alpius Wetipo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya seperti di kutif dari Okezone di Gedung Sapta Pesona, Kamis (26/3/2015).

Selain salju, ternyata Danau Habema juga memiliki keunikan lain yang tidak ada duanya di Indonesia. Keunikan itu adalah adanya rumput sejenis lumut yang tumbuh tinggi seperti pohon.

Menurut Alpius, keunikan ini hanya dapat ditemukan di Danau Habema dan Amerika Selatan saja. Bahkan, banyak wisatawan yang sengaja ke sini hanya untuk melihat rumput yang unik ini.

“Danau Habema punya keunikan lain, keunikannya adalah rumput yang tidak ada di tempat lain. Ada turis yang datang hanya untuk melihat itu, di Habema. Rumput ini hanya ada di Amerika Selatan, rumputnya seperti lumut dan menjadi pohon,” tutupnya. (jjs/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »