Harga Tanah akan di tentukan oleh Pemerintah

Jakarta (wartaonline.co.id) 13/2

Pemerintah menargetkan bisa mengendalikan harga tanah melalaui Zonasi Nilai Tanah (ZNT) pada 2016.

Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursyidan Baldan, menuturkan, saat ini pihaknya masih merumuskan perihal aturan tersebut. Pemerintah akan mengatur harga tanah dengan ketentuan harga batas atas objek tanah. “Usulan itu akan menghapus nilai jual objek pajak dan menggantinya dengan ZNT. Semua kami target tuntas pada 2016,” paparnya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (5/2/2015).

Aturan itu memungkinkan pemerintah bisa mengendalikan harga tanah di seluruh wilayah Indonesia. Harga tanah akan menjadi rasional. Investasi juga akan lancar karena selama ini banyak terganjal di pembebasan lahan dengan harga yang gila-gilaan. “Selain itu, objek tanah tidak dikuasai oleh segelintir orang dengan kekuatan modal besar,” kata politikus Partai Nasdem itu.

Secara teknis, paparnya, kenaikan harga tanah baru akan dilansir secara periodik setiap tahun. Acuan itu akan digunakan oleh penjual untuk menetapkan harga tanah.

Menurut Ferry, saat ini pemerintah memang turun tangan untuk menetapkan standar harga tanah mengingat harga tanah yang kian tidak rasional. “Ini untuk kepentingan masyarakat luas,” kata Ferry. kbc10/sob

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »