Kofifah sampaikan Pesan Gusdur ke keluarga

Jombang (wartaonline.co.id)7/1

Menteri Sosial (Mensos) RI, Hj Khofifah Indar Parawansa, mengingatkan pesan KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur semasa hidup. Menurut Khofifah, Gus Dur meminta agar batu nisannya diberi tulisan ‘Humanis Died Here’ (Seorang humanis dimakamkan disini).

Hal ini di sampaikan pada acara Haul Gusdur ke 5 di jombang Oleh Khofifah kemensos RI. Dia sekaligus meminta ijin kepada keluarga Gus Dur untuk melaksanakan pesan itu. Yakni, menuliskan ‘Humanis Died Here’ di makam mantan presiden ke-4 tersebut. “Saya minta ijin kepada Mbak Inayah (Inayah Wahid) agar bisa melaksanakan pesan tersebut. Biarlah saya tempel dengan solasi di nisan Gus Dur pesan itu. Meski nantinya akan copot karena hujan, tapi kewajiban saya sudah gugur,” ujar Khofifah di hadapan ribuan hadirin, Senin (5/1/2015).

Pernyataan Khofifah itu dilontarkan saat memberi sambutan puncak peringatan lima tahun atau haul ke-5 meninggalnya Gus Dur di PP (Pondok Pesantren) Tebuireng Jombang. Dalam kesempatan itu, Mensos juga memberikan bingkisan secara simbolis kepada lima orang warga sekitar Tebuireng yang kurang mampu.

Khofifah menambahkan, dirinya terpaksa membeberkan pesan Gus Dur saat masih hidup itu di acara haul. Pasalnya, acara tersebut dihadiri seluruh keluarga almarhum serta berada di area makam mantan Ketua PBNU tersebut.

Sebenarnya, lanjut Khofifah, dirinya ingin mengatakan hal itu saat acara haul di Ciganjur beberapa waktu lalu. Hanya saja, dirinya tidak kuasa untuk berkata.

“Berat bagi saya untuk menyampaikan pesan ini. Namun malam ini terpaksa saya sampaikan mengingat berada di area makam beliau dan seluruh keluarga besar Tebuireng juga hadir,” ujarnya.

Selain Khofifah, dua menteri lainnya juga diberi kesempatan untuk memberikan sambutan. Diantaranya, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin, dan Menko Maritim Dr Dwisuryo Indroyono Soesilo.
Sedangkan tokoh masing-masing Gubernur Jatim Soekarwo, pelawak Kirun, serta budayawan asal Madura, Zawawi Imron.

Hadir pula, anak kandung Gus Dur, Inayah Wulandari Wahid. “Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh lapisan masyarakat dalam acara haul Gus Dur malam ini,” pungkas Inayah. [suf/ted/sob]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »