Dipa Jatim Anggarkan Rp. 98 Trilyun

SURABAYA-wartajatim.com (22/12/2014)

Jatim dapat Dana Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2015 sebesar Rp 98 triliun, dengan rincian Rp 34 Triliun merupakan dana lembaga vertikal, dan Rp 64 triliun merupakan dana transfer daerah dan dana desa.

Gubernur Jatim, Dr H Soekarwo pada penyerahan DIPA 2015 di Grahadi Senin (22/12/2014) mengatakan, dana lembaga vertikal adalah instansi pusat yang didaerah. Seperti Kodam, Polda dan Kejaksaan. Sedangkan dana transfer daerah adalah dana untuk kabupaten dan kota di Jatim.

“Semua kabupaten dan kota dapat, dan besarnya tidak sama,” kata Soekarwo setelah penyerahan DIPA 2015 pada wartawan wartajatim.com.

.
Dana transfer daerah ini untuk gaji pegawai, tunjangan, dan lembuar, serta dana pembangunan daerah. Seperti untuk pembangunan infrastruktur, dan layanan publik. Dana transfer daerah termasuk didalamnya ada Dana Bagi Hasil (DBH) pajak, cukai rokok dan tembakau.

Menurut Soekarwo, pada tahun anggaran 2015, untuk 7.723 desa disediakan dana sebesar Rp 1,161 triliun. Meningkat dari sebelumnya yang dapat Rp 100 juta, dan tahun 2015 dapat lebih besar, yaitu sekitar Rp 120 juta. Dana itu digunakan untuk pembangunan infrastruktur di desa setempat sesuai dengan musyawarah Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD).

Dijelaskan, mulai tahun 2015, Dana Operasional Sekolah (BOS) sudah melalui Pemprov. Jatim dapat dana BOS sebesar Rp 3,7 triliun. Dana itu masuk dalam pos Dana Alokasi Khusus (DAK), yang tahun ini Jatim dapat Rp 8 tiliun lebih. (din/sob).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »