kemensos Perkuat Orsos dalam dan Luar Negeri

Jakarta (wartaonline.co.id) 1/9

Partisipasi masyarakat menjadi kunci untuk menanganai masalah sosial. Salah satunya, hadirnya organisasi sosial yang sudah bergerak di bidang penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“Peran aktif masyarakat adalah kunci untuk menangani masalah sosial di Indoensia, ” kata Menteri Sosial saat meresmikan Auditorium Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam di Desa Kersamanah, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (1/9/2014).

Auditorium berkapasitas 1500 orang itu, adalah bantuan dari organisasi sosial (orsos) luar negeri, Kuwait. “Partisipasi orsos nasional dan international adalah bukti untuk meraih cita-cita bersama, yaitu kesejahteraan sosial (kesos), ” tandasnya.

Saat ini, Darussalam merupakan Ponpes besar yang menampung 1.700 santriwan dan santriwati dari berbagai daerah yang dibina langsung oleh pimpinan Ponpes, KH Asep Solahudin Mukti dan KH Cecep Ishak Ashari Mukti.

“Dari 1.700 santriwan dan santriwati di Ponpes Darussalam itu, sebagian besar sudah yatim piatu, ” ujarnya.

Pembinaan dimulai dari tingkat SD hingga SMA yang dilanjutkan ke perguruan tinggi. Ponpes Darussalam ini termasuk modern dilihat dari sisi kegiatan dan kurikulumnya yang menyertakan unsur-unsur pendidikan modern.

Keseharian di Pondok Darussalam menggunakan dwi bahasa pengantar, yaitu bahasa Arab dan Inggris. Hal itu, menjadi upaya serius dari para pembina untuk mempersiapkan bagi peserta didiknya di kemudian hari.

“Anak-anak yatim berhak mendapatkan pendidikan yang layak untuk menggapai cita-citanya yang gemilang di masa depan, ” terangnya.

Setidaknya ada tiga ukuran keberhasilan sebuah negara. Pertama, pendidikan, kesehatan, kesejahteraan yang harus diperoleh seluruh warga.

Kesejahteraan sendiri ada tiga hal yang harus dipenuhi, yaitu sandang, pangan dan rasa aman. Sehebat apaun sandang, pangan kalau situasi sosial masyarakat tidak terkendali tidak akan ada gunanya.

“Tiga ukuran keberhasilan sebuah negara dan tiga hal yang harus dipenuhi menjadi hak fundamental bagi setiap warga negara tanpa terkecuali, ” tegas Mensos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »