Jatim siapkan 30.000 Jerigen Daerah kekeringan

SURABAYA-wartaonline.co.id (21/9/2014)

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan 30.000 jirigen dengan kapasitas 30 liter air dibagikan ke sejumlah daerah di Jawa Timur yang dilanda kekeringan.

“Silakan daerah memanfaatkan jirigen tersebut unutk kepentingan warga yang mengalami kekeringan. Bukan hanya jirigen saja tapi juga akan diisi dengan air bersih,” kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Surabaya, kemarin.

Untuk mengimbangi adanya jirogen itu, Pemprov juga menyediakn berupa 3.000 unit tandon air dengan kapasitas 2.200 liter air.
Pengadaan ini, menurutnya, teknisnya diserahkan ke Pemerintah Kabupetan, sedangkan Pemprov hanya menyiapkan sarana dan saja.
Karena itu, Pemkab harus proaktif untuk menginventarisir kebutuhannya untuk disesuaikan dengan saran yang ada.
“Dengan cara ini diharapkan kesulitan air bersih yang dihadapi warga di daerah bisa teratasi. Ini memang belum maksimal, karena itu kita berharap Pemkab juga ikut mengucurkan dana,” katanya.
Dijelaskan, Pemprov mengalokasikan droping air bersih satu minggu untuk 624 desa, mulai 15 September sampai 15 Oktober nanti.

Pihaknya bersyukur bahwa Pemerintah Pusat ikut peduli. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantu jet pump diharapkan bantuan ini bisa membantu pengadaan air bersih.(za/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »