BBM Rencana Tak Bakal di naikan

Jakarta (wartaonline.co.id) 25/8
kelangkaan BBm di beberapa daerah, tetapi pemerintah rencana tak bakal naikan harga BBM. Hal ini di katakan, Jero Wacik, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral mengatakan, sampai saat ini, pemerintah tidak berencana menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

“Sampai hari ini tidak ada pembahasan (kenaikan harga BBM) itu,” katanya di Jakarta, Senin (25/8/2014).

Ketika ditanya apakah akan memasukkan klausul kenaikan harga BBM dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2015, ia mengatakan masih menunggu pembicaraan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Terpilih Joko Widodo.

“Tunggu pemimpin negara bertemu dulu. Nanti, apa arahan Beliau berdua, kita kerjakan,” katanya, seperti dilansir Antara.

Jero mengatakan, kedua pemimpin tersebut mempunyai niat baik sehingga hasil pertemuannya pasti untuk kebaikan rakyat juga.

Subsidi BBM dalam RAPBN 2015 dialokasikan Rp 291 triliun.

Sejumlah kalangan seperti pengamat, pengusaha, dan anggota DPR meminta pemerintah segera menaikkan harga BBM bersubsidi untuk mengurangi beban anggaran.

Selama beberapa tahun, pemerintah sudah mencoba beberapa langkah untuk mengendalikan konsumsi BBM bersubsidi namun menimbulkan permasalahan dalam implementasinya di lapangan.

Terakhir, untuk memenuhi kuota APBN Perubahan 2014 sebesar 46 juta kiloliter, konsumsi terpaksa dibatasi, namun menyebabkan antrean kendaraan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di sejumlah daerah.

PT Pertamina (Persero) mengurangi jatah SPBU untuk premium sekitar lima persen dan solar 10-15 persen sejak 18 Agustus 2014. (ant/ain/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »