BBM di Madura mulai langka, bensin tembus Rp. 10 ribu

Bangkalan-Jawa Timur (wartaonline.co.id) 25/8

Malam ini Harga jual bensin eceran di di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, sudah mencapai Rp 10 ribu per liter. Dua hari sebelumnya, harga sudah merangkak dari Rp 7-8 ribu per liter.

“Meski dijual Rp 10 ribu per liter, kemarin tidak sampai setengah hari saya menjual 100 liter,” kata Faruq, penjual bensin eceran di Desa Meragung, Kecamatan Labang, Bangkalan, Senin, 25 Agustus 2014.

Menurut Faruq, dia mematok harga Rp 10 ribu per liter karena bensin yang dijualnya dia beli dari sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di luar Bangkalan, tepatnya di Kenjeran, Surabaya. Sebab, belum terjadi antrean di SPBU di Surabaya, tidak seperti di SPBU di Bangkalan. Faruq mengatakan harga Rp 10 ribu per liter yang dijualnya sudah termasuk biaya tol saat melewati Jembatan Suramadu untuk bolak-balik ke Surabaya.

Pantauan wartajatim.com hingga hari ini sudah hampir tiga hari terakhir sejumlah SPBU di Kabupaten Bangkalan kehabisan stok Premium. Kelangkaan Premium memicu antrean panjang kendaraan roda dua dan roda empat. Begitu juga para pembeli yang menggunakan jeriken. Antrean panjang, di antaranya, terlihat di SPBU Junok. Namun, hari ini, Senin, 25 Agustus 2014, antrean tidak sepanjang hari-hari sebelumnya.

Pengawas SPBU Junok, Jamal, mengatakan kelangkaan Premium di Bangkalan terjadi akibat pengurangan jatah pengiriman dari Pertamina. “SPBU Junok biasanya dapat 2 DO (delivery order), sekarang hanya 1 DO,” ujarnya.

Selain pengurangan jatah Premium, panjangnya antrean di SPBU Junok juga terjadi karena SPBU lain di sekitarnya, seperti SPBU Patemon dan SPBU Tanah Merah, tidak melayani pembeli yang menggunakan jeriken, yang umumnya adalah para penjual bensin eceran.
Hampir semua pengecer dari berbagai kecamatan di Bangkalan membeli bensin di SPBU Junok. “Saya dari Kecamatan Geger sudah antre sejak tadi subuh. Tapi sampai siang ini belum dapat,” ucap Sadikin, salah seorang penjual bensin eceran. Sadikin menempuh perjalanan 40 kilometer dari Kecamatan Geger ke Kota Bangkalan.(sob/tempo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »