Prabowo : Pertahankan BTN Jadi Bank Khusus

Jakarta (wartaonline.co.id) 10/6

Eksistensi PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk, yang terombang- ambing kini akan tetap dipertahankan. Bahkan,kehadirannya harus diperkuat menjadi bank khusus yang melayani pembiayaan sektor perumahan rakyat.

Wakil Ketua Komisi XI dari Partai Golkar Harry Azhar Azis mengatakan, apabila Prabowo Subianto-Hatta Rajasa terpilih menjadi presiden dan wakil presiden pada Pemilihan Presiden 9 Juli mendatang, PT Bank Tabungan Negara Tbk akan dijadikan sebagai bank khusus yang fokus pada perumahan.

Bagi Prabowo- Hatta, menurut Harry, persoalaan perumahan sudah menjadi ideologi yang akan disamakan dengan kebutuhan dasar sandang dan pangan. Artinya, kebutuhan papan atau rumah juga merupakan hal yang sama pentingnya dengan subsidi pangan.

“Persoalan kebutuhan perumahan yang belum terpenuhi, kami akan lebih sempurnakan,” ujar Harry pada forum diskusi bertajuk “Bedah Visi Capres di Sektor Perumahan Nasional” di Jakarta, Selasa (8/10/2014).

Pada forum tersebut, Harry juga mengungkapkan kekecewaannya terhadap pemerintahan reformasi yang dinilai tidak ada perhatian mengenai perumahan untuk rakyat menengah ke bawah. Dengan demikian, kementerian yang mengurusi perumahan harus diperkuat.

Harry menjanjikan, apabila pemilihan presiden mendatang dimenangkan oleh Prabowo–Hatta, maka akan memperkuat kelembagaan dan kooordinasi untuk menangani permasalahan perumahan rakyat pada khususnya. Selain itu, akan memperhatikan kebutuhan dasar papan bagi rakyat yang belum mempunyai rumah.

Selain itu, jika Prabowo terpilih, direncanakan menambah dana untuk program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) hingga Rp 5 triliun. Upaya itu diharapkan dapat meringankan angsuran dari suku bunga yang sebelumnya 7,25% menjadi 5%.

“Sekarang kan 7,25% dan nanti bagaimana caranya menurunkan menjadi 5%, memang tidak ada jalan lain, ya ditambah FLPP-nya. Mungkin sekitar Rp 3-5 triliun,” katanya.

Sementara itu, untuk wilayah perkotaan, Harry menuturkan ,pihaknya akan membangun menara sebagai pendekatan dalam mengurangi permasalahan kekurangan tempat tinggal di Indonesia. Adapun juru kampanye lainnya, Drajad H Wibowo mengatakan, Hatta-Prabowo akan membangun 2.000 tower rumah susun (rusun).Atas hal itu,jika Prabowo menjadi Presiden, Menteri Kehutanan yang akan menjabat, dapat memberikan data lahan yang tidak terpakai.kbc11/sob

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »