Pangdam Pimpin Sertijab Danyon 500/Rider

Wartaonlie.co.id -Surabaya ( 12/6)

Upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Yonif (Danyon) Rider /500 dari Letkol Inf Lucky Avianto kepada Mayor Inf Mulliadi, dipimpin Mayjen TNI Eko Wiratmoko Pangdam V/Brawijaya, Kamis (12/6/2014), di Mako Batalyon 500/Rider komplek Makodam V.

Dalam upacara tersebut dihadiri juga oleh pejabat utama Kodam V/Brawijaya dan sejumlah tamu undangan. Letkol Inf Luchy Avianto yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Yonif (Danyon) Rider /500 , akan menduduki jabatan baru sebagai Komandan Kodim 0829/Bangkalan Rem 084/BJ. Sedangkan Mayor Inf Mulliadi sebelumnya menjabat sebagai Ps. Kasi Ops Rem 083/BDJ.

Mayjen TNI Eko Wiratmoko dalam sambutannya mengatakan, alih tugas dan jabatan merupakan hal yang lumrah dan selalu dilakukan di jajaran TNI AD. Ini sebagai bagian dari proses kaderisasi dan penyegaran serta tuntutan kebutuhan organisasi. Selain itu, alih tugas juga merupakan momen untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan wawasan manajerial serta profesionalitas keprajuritan.

“Satuan Batalyon 500/Rider, merupakan pasukan pemukul elit yang berkedudukan dibawah langsung Kodam V/Brawijaya, yang mempunyai tugas melaksanakan Operasi Militer Perang dan Operasi Militer,” kata Mayjen TNI Eko Wiratmoko kepada wartawan, Kamis (12/6/2014).

Dia menambahkan, tugas-tugas yang diemban Yonif 500/Raider dikenal dengan semboyan ‘Cepat, Senyap, dan Tepat’ mempunyai peran penting dalam rangka membantu menciptakan situasi agar tetap kondusif di wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya di wilayah Jawa Timur.

Terkait kenetralitasan anggota TNI dalam Pilpres 2014, Pangdam menegaskan, seluruh TNI AD dibawah Kodam V/Brawijaya, agar tidak memihak pada satu diantara Calon Presiden dan calon Wakil Presiden. “Jangan ada anggota saya yang memihak salah satu capres maupun cawapres, agar tidak merusak nama dan citra TNI,” tegasnya.

Pangdam juga menambahkan, dalam pengamanan Pilpres, pihaknya akan menerjunkan 2.500 prajurit untuk melakukan back up pengamanan yang dilakukan oleh Polri. “Selain angka tersebut, tentunya kami tetap juga akan menyiapkan prajurit terbaik. Pengamanan yang dilakukan tergantung situasi dan kondisi yang berkembang di lapangan,” pungkasnya. (wak/rstsob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »