Mudik Bareng Pemprov Jatim, Gratis

Surabaya (wartaonline.co.id) 24/6

Antisipasi penumpukan pemudik yang terjadi di terminal, Pemprov Jatim kembali akan menggelar mudik gratis saat Lebaran 1435 Hijriah tahun ini. Rencananya, pemprov menyiapkan sebanyak 435 unit bus yang siap mengantarkan pemudik diseluruh daerah di Jatim.

Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub dan LLAJ) Provinsi Jatim, Ir Wahid Wahyudi MT menuturkan, ratusan armada bus mudik tersebut akan mengangkut puluhan ribu masyarakat dari Surabaya menuju sekitar 20 kota besar yang ada di Jatim. Mulai Malang, Bojonegoro, Tuban, Madiun, Pacitan, Blitar, Kediri , Tulungagung, Trenggalek, Pamekasan, Sumenep, Lumajang, Jember, Bondowoso, hingga  Banyuwangi.

“Dari 435 bus yang disiapkan pemprov tersebut, 405 bus untuk mengangkut masyarakat pulang ke kampung halaman selama lebaran. Sedangkan 30 bus untuk suttle, yakni mengangkut warga yang mudik dari pelabuhan Tanjung Perak menuju terminal,” ujar Wahid, dalam acara Rakor Angkutan Lebaran 2014, Selasa  ( 24/6/2014 ).

Menurut Wahid, jumlah armada bus mudik gratis yang disiapkan tahun ini naik dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun 2013 lalu, armada bus yang disiapkan hanya 400 unit. Penambahan armada ini disebabkan banyaknya animo masyarakat yang memanfaatkan mudik gratis ini, sehingga ada yang minta agar pemprov menambah jumlah bus yang digunakan untuk mudik gratis.

Dijelaskan, tujuan diadakannya kegiatan mudik gratis ini merupakan upaya dari Pemprov Jatim untuk mengurangi kepadatan arus penumpung di terminal selama angkutan Lebaran. Sebelum ada program mudik gratis, telah terjadi penumpukan penumpang di terminal hingga berjam-jam lamanya.

“Alhamdulillah sejak program mudik gratis ini digulirkan mulai tahun 2010 lalu, penumpukan penumpang di terminal menjadi terurai. Selain itu juga dapat mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan,” katanya.(rha/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »