kapal Cargo Angkut kayu & Solar Terbakar di Gresik

Gresik (wartaonline.co.id) 27/6

Kapal Cargo yang bermuatan kayu dan solar terbakar di Pelabuhan Wilmar Buoy 10, Gresik Jawa Timur, Kamis (27/6/2014).

Aipda Guntur dari Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) Polda Jatim menceritakan awal kebakaran terjadi pukul 15.00 WIB.

“Kebakaran kami monitor jam 3 sore tadi, kapal yang terbakar adalah Caraka Jaya Niaga 3 yang berlayar dari Bintuni Irian Jaya ke Surabaya, Kapal ini bermuatan kayu dan ada solar seberat 10 ton” terangnya.

Hingga saat ini, kebakaran masih belum berhasil dipadamkan. Beruntung 24 Anak Buah Kapal berhasil diselamatkan, kata Aipda Guntur mereka ini meloncat ke laut untuk menyelamatkan diri.

Sementara itu, bantuan untuk pemadaman terus dilakukan oleh Pelindo. Sementara Polair Polda Jatim mengerahkan Patroli Polisi 2001, Kapal Patroli 2004, dan Armada Patroli Perairan dari wilayah Gresik.

Komandan Kapal Patroli Polisi 2001 ini juga menyebutkan, pihaknya mengamankan wilayah perairan dari kapal-kapal yang akan sandar atau mendekati lokasi kebakaran. “Sudah ada lima lebih kapal yang kami halau, ini kan masih ditengah laut jadi kami mengupayakan pengamanan lokasi termasuk keselamatan ABK,” tambahnya.

Sementara penyebab kebakaran kapal cargo, diduga dari proses pengelesan pipa balas, yang dilakukan saat bongkar kayu di ponton, “Jadi waktu pipa balas dilas, mungkin bercambur dengan minyak dan air. Karena percikan api langsung menjalar ke bagian dalam kapal, dan terbakar,” kata Aiptu Guntur. (rst/ren/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »