Prabowo Terpilih Presiden, UKM Masuk Bursa Pasar Modal

Wartaonline.co.id -Jakarta (21/6)

Salah satu penggerak perekonomian nasional adalah keberadaan sektor usaha kecil dan menengah (UKM). Oleh karenanya, sektor ini harus mendapat perhatian untuk terus berkembang.

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) sekaligus Advisor Tim Ekonomi Prabowo, Burhanuddin Abdullah mengatakan, potensi UKM untuk masuk ke pasar modal Indonesia cukup besar. Oleh karena itu, pihaknya mengaku tengah menyiapkan beberapa aturan, sarana prasarana serta edukasi yang nantinya bakal dialirkan ke para pelaku UKM. “Mereka (pelaku usaha UKM) akan bertumbuh, saya kira resiliensi dari para pengusaha UKM cukup besar,” ujarnya di Ritz Carlton, Jakarta, Jumat (20/6/2014).

Diakui Burhanudin, program tersebut memerlukan modal besar. Paling tidak, mendorong UKM untuk merger atau bergabung jadi satu solusi. Program ini akan membuka peluang, bukan hanya bagi investor domestik, melainkan investor asing. “Ya kita sediakan berbagai macam fasilitas, selama dalam perhitungan kita memberikan manfaat bagi Indonesia,” ungkapnya.

Program ekonomi di pasar modal, lanjut Mantan Gubernur BI, porsinya masih cenderung kecil. Hal ini karena edukasi yang belum merata. Pemerintah harus menyiapkan aturan dan infrastruktur buat UKM. “Para pelaku di usaha menengah, kecil itu harus menjadi prioritas kita.”

Menurutnya, saat ini masyarakat Indonesia tidak lepas dari tradisional financing. Sehingga mempersulit daya saing pasar modal di dunia internasional. “Daya saing kita agak sulit oleh karena itulah pasar modal menjadi pendanaan yang strategis, dan dia menghindari adanya mismatch pendanaan, pasmod kita lebih panjang, saya kira potensi perusahaan menengah kecil didorong untuk masuk ke pasar modal,” katanya.

Selain itu, Prabowo akan mendorong perusahaan pelat merah untuk dapat melantai di bursa. Hal ini karena, BUMN lebih mudah secara langsung atau tidak. “Dipikirkan bagaimana mengefektifkan apakah dia disatukan BUMN perlu digabungkan untuk memperbesar,” katanya. kbc10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »