Jatim Bulan Mei Inflasi ,0,21 %

SURABAYA-warta online.co.id (2/6/2014).

Bulan Mei, Jawa Timur (Jatim) inflasi 0,21, dan komiditi yang memberikan sumbangan cukup besar terhadap inflasi di Jatim daging ayam ras, telur ayam ras, angkutan udara, tarip kereta api, upah pembantu rumah tangga, tomat sayur, seragam anak sekolah, telepon selular, wortel, daun bawang, daging sapi, dan kentang.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, M Sairi Chabusllah mengatakan kenaikan komiditi itu pada bulan Mei cukup besar. Ini karena menjelang puasa dan komditi terus bergerak naik.

“Setiap menjelang bulan puasa, komoti terus bergerak naik,” kata M Sairi Chasbullah pada wartawan Senin (2/6/2014).

Dia menyebutkan, harga daging ayam ras yang sebelumnya Rp 26 ribu hingga 28 ribu per kilogram. Kini menjadi sekitar 30 ribu per kilogram. Begitu terlu ayam ras, yang sebelumnya Rp 15 ribu kini menjudi Rp 17 ribu perkilogram.

Meski demikian, inflasi Jatim masih dibawah satu persen, dan ini cuku rendah disbanding provinsi lain. Misalnya kota Serang Banten yang inflasi 1,27 persen.

Diperkirakan inflasi bulan Juni akan lebih tinggi dari bulan Mei.  Karena sudah dekat dengan bulan puasa. Toko ritel, distributor dan agen sudah menambah stok barangnya untuk menghadapi bulan puasa. Untuk menekan inflasi, Pemprov Jatim akan membantu ongkos kirim lima bahan pokok, yaitu beras, gula, minyak goreng, tepung terigu dan telur. Dana yang disediakan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jatim sebesar Rp 12,5 miliar. (cam/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »