Brazil laga Pertama Piala Dunia Menang 3-1 Vs Kroasia

Wartaonline.co.id- Brazil (13/6)

Brazil akhirnya menang 3-1 Setelah babak pertama tampil kurang koordinasi dan terlalu terburu, Brasil memulai babak kedua dengan permainan lebih sistimatis dan terukur. Hasilnya, skor 3-1 mampu mereka bawa sebagai bekal dalam laga perdana Piala Dunia 2014 kali ini.

Bermain di Arena Corinthians, Sao Paulo, Jumat (13/6/2014) dinihari WIB, Brasil awalnya sempat tertinggal 0-1 dari Kroasia, setelah pada menit ke 11, Marcelo melakukan gol bunuh diri.

Di babak pertama, Brasil sebenarnya bisa menyamakan kedudukan di menit ke 29 melalui tendangan terukur Neymar di pojok gawang lawan. Sayang, jalannya pertandingan sepanjang babak pertama berlangsung monoton dan penuh keterburu-buruan.

Permainan Brasil sendiri semakin taktis ketika memasuki babak ke dua, ketika pola bermain diubah menjadi lebih hati-hati.

Tempo permainan yang diterapkan Brasil-pun diturunkan. Dan hasilnya, Neymar mampu menggandakan keunggulan di menit ke 69 melalui tendangan pinalti, setelah Fred dilanggar Dejan Lovren di kotak 16.

Babak ke-dua inipun berakhir dengan keunggulan 3-1 setelah di menit injury time, Oscar mampu melesakkan bola ke gawang dari luar kotak pinalti.

Selain unggul gol, selama 90 menit pertandingan, Brasil setidaknya juga unggul dalam penguasaan bola 61:39

Dan berikut jalannya pertandingan :

Kroasia memulai ancaman sebelum usia pertandingan genap satu menit melalui tembakan mendatar dari Mateo Kovacic. Sayang masih melenceng.

Pada menit ke enam, David Luiz sempat mengancam gawang Kroasia yang dijaga Stipe Pletikosa. Sayang sundulan yang memanfaatkan tendangan bebas dri Marcelo terlalu lemah.

Kroasia nyaris membuat kejutan semenit kemudian. Ivan Perisic melepaskan umpan silang terukur dari sisi kanan dan Ivica Olic menyambutnya dengan sundulan. Sial buat Olic, sundulannya masih melebar.

Kroasia benar-benar unggul ketika laga berusia 11 menit melalui gol bunuh diri Marcelo. Setelah kebobolan, Brasil menggempur Kroasia habis-habisan. Mereka punya peluang pada menit ke-21 lewat usaha Paulinho. Tapi, tembakan gelandang Tottenham Hotspur itu bisa dimentahkan Pletikosa. Pletikosa juga mampu mengamankan sepakan diagonal Marcelo.

Brasil akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-29. Neymar yang menguasai bola di depan kotak penalti Kroasia melepaskan tembakan mendatar yang mengarah ke pojok bawah gawang.

Brasil terus menyerang di sisa babak pertama. Namun, hingga turun minum, skor 1-1 tak mengalami perubahan.

Tempo pertandingan menurun pada menit-menit awal babak kedua. Tak ada peluang berarti yang didapat oleh kedua tim.

Brasil memperoleh kesempatan pada menit ke-67 melalui tendangan bebas Dani Alves. Namun, sepakan Alves masih sedikit melambung di atas gawang Kroasia.

Berselang dua menit, Brasil mendapatkan hadiah penalti. Sebagai eksekutor, Neymar berhasil menggandakan gol 2-1 untuk Brasil.

Di menit 90+1, Oscar mampu melesakkan bola melalui cocoran kaki dari luar kotak pinalti. (fik/sob)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »